Jangan Disepelekan. Kenali 5 Jenis Penyakit Anemia dan Cara Mengatasinya

Jangan Disepelekan. Kenali 5 Jenis Penyakit Anemia dan Cara Mengatasinya

Jenis anemia dan cara mengatasinya-Halodoc-

DISWAYJATENG - Terdapat lebih dari 400 jenis penyakit anemia yang berbeda, masing-masing dengan penyebab dan penanganan yang bervariasi. Perlu Anda ketahui agar waspada sejak dini. 

Dari sekian banyaknya jenis penyakit anemia, terdapat lima tipe yang umum terjadi. Selain jenisnya, Anda juga perlu mengenali cara mengatasinya.

Jenis penyakit anemia dapat berkisar dari anemia defisiensi besi yang paling umum hingga anemia sel sabit yang melibatkan kelainan genetik. Anemia memiliki gejala yang dapat dikenali, termasuk kelemahan, kulit pucat, dan kesulitan berkonsentrasi.

Mengetahui jenis penyakit anemia yang mendasari gejala ini memungkinkan untuk diagnosis yang lebih akurat. Dalam mengenali anemia, penting untuk memahami berbagai macam jenis penyakit kurang darah ini, agar dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Buah untuk Obat Anemia, Salah Satunya Buah Sitrus Jeruk dan Lemon

Beberapa jenis anemia yang umum ditemui antara lain:

1. Anemia defisiensi besi

Merupakan jenis anemia yang paling umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh, suatu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

BACA JUGA:6 Tips Mengatasi Anemia pada Lansia. Kenali Gejala dan Risikonya

Anemia defisiensi besi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan rendah zat besi, kehamilan, perdarahan kronis, gangguan penyerapan zat besi, efek samping obat-obatan, hingga kondisi medis tertentu seperti kanker atau radang usus.

Penanganannya melibatkan konsumsi suplemen zat besi dan perbaikan penyebab utama anemia.

2. Anemia defisiensi vitamin B12 dan Folat

Tubuh membutuhkan vitamin B12 dan folat untuk pembentukan sel darah merah baru. Kekurangan salah satu atau keduanya dapat menyebabkan anemia defisiensi vitamin B12 dan folat.

BACA JUGA:7 Makanan Penambah Darah yang Cocok untuk Penderita Anemia, Salah Satunya Sayuran Berwarna Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: