Kenali Penyebab Anemia Pada Lansia, Termasuk Gejala dan 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Kenali Penyebab Anemia Pada Lansia, Termasuk Gejala dan 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Kenali penyebab dan cara mengatasi anemia pada lansia-Geriatri.id-

DISWAYJATENG - Anemia dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada lansia. Orang yang lebih tua memiliki risiko yang lebih besar. Ketika anemia terjadi, lansia mengalami sejumlah gejala, termasuk kelelahan dan menggigil. Lantas, apa penyebab anemia pada lansia?

Penyebab anemia pada lansia harus segera di tangani, jika tidak diobati, anemia dapat berakibat serius dan bahkan dapat menyebabkan kematian pada lansia. Penting untuk mengetahui kapan harus membawa lansia ke dokter jika mengalami anemia. 

Anemia, atau dikenal juga dengan istilah 'kurang darah', merupakan kondisi di mana tidak ada cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Akibatnya, organ-organ tubuh tidak menerima cukup oksigen. Penyebab anemia pada lansia memiliki ciri tampak pucat dan lelah.

Anemia adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Namun, penyebab anemia pada lansia ini  memiliki risiko lebih tinggi mengalami anemia karena kekurangan nutrisi dan penyakit kronis tertentu. Anemia memiliki dampak yang signifikan pada lansia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan lansia yang mengalami anemia harus memeriksakan diri ke dokter.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Anemia Saat Hamil, Kenali 4 Resikonya Agar Selamat dari Ancaman Komplikasi

Penyebab Anemia pada Lanjut Usia

Anemia sering terjadi pada lansia dan prevalensinya meningkat seiring bertambahnya usia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kriteria anemia adalah kadar hemoglobin di bawah 12 g/dl pada wanita dan 13 g/dl pada pria.

Prevalensi anemia pada lansia adalah 8-44% dan tertinggi pada pria berusia 85 tahun ke atas.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Obat Penambah Darah saat Mengalami Anemia. Tersedia di Apotek Terdekat

Meningkatnya kejadian anemia seiring bertambahnya usia menunjukkan bahwa penurunan kadar hemoglobin merupakan konsekuensi normal dari penuaan.

Namun, penyebab anemia pada lansia yang paling umum adalah penyakit kronis dan kekurangan zat besi. Kekurangan vitamin B12, kekurangan folat, perdarahan, sindrom gastrointestinal, dan sindrom mielodisplastik juga merupakan penyebab anemia pada lansia.

1. Gejala yang harus diwaspadai

Tanda dan gejala umum anemia termasuk kelelahan, sesak napas dan kedinginan. Gejala lainnya termasuk.

  1. Pusing atau lemas.
  2. Sakit kepala.
  3. Rasa sakit pada lidah.
  4. Kulit pucat, kering dan mudah memar.
  5. Gerakan tungkai bawah yang tidak diinginkan (sindrom kaki gelisah).
  6. Jantung berdebar-debar.

2. Efek anemia pada lansia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: