11 Makanan Penambah Darah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Menderita Anemia

11 Makanan Penambah Darah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Menderita Anemia

Rekoemndasi makanan penambah darah-Qoala-

DISWAYJATENG - Makanan penambah darah bisa ditemui dalam berbagai jenis dan olahan, termasuk zat besi, asam folat, dan vitamin C. Nutrisi ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan penyerapan zat besi serta mencegah kehilangan darah. 

Makanan penambah darah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan penyerapan zat besi, mencegah dan mengobati kekurangan darah. Sekadar informasi, sering merasa lelah adalah salah satu tanda kekurangan darah atau anemia.

Kekurangan darah biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi (anemia defisiensi besi). Zat besi ini bisa kamu temukan dalam obat atau makanan penambah darah alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kekurangan darah dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, pucat, pusing, sakit kepala, konsentrasi yang buruk, dan bahkan masalah dengan fungsi jantung. Anemia dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengonsumsi obat atau makanan penambah darah untuk meningkatkan kadar darah setiap hari.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Obat Penambah Darah saat Mengalami Anemia. Tersedia di Apotek Terdekat

Makanan penambah darah yang mudah ditemui

1. Jambu Biji

Salah satu solusi alami yang tersedia untuk meningkatkan warna darah adalah jambu biji. Buah yang terkenal untuk mengobati demam berdarah ini tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga mengandung zat besi.

Satu porsi jambu biji seberat 100 gram mengandung sekitar 90 miligram vitamin C. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, penambah darah alami ini dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan tubuh dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

2. Buah Naga

Penambah darah alami selanjutnya adalah buah naga. Satu potong buah naga dengan berat rata-rata 300g mengandung 3 miligram vitamin C.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anemia Saat Hamil, Kenali 4 Resikonya Agar Selamat dari Ancaman Komplikasi

Selain itu, buah naga juga mengandung zat besi yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin, protein yang memberikan warna merah pada darah.  Karena itu, mengonsumsi buah naga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan menyembuhkan anemia.

3. Pisang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: