6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Salah Satunya Berjalan Kaki 15 Menit

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Salah Satunya Berjalan Kaki 15 Menit

BARRE. Sebuah latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik.--Sumber gambar: The Chalkboard Mag

Barre adalah jenis latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik, yaitu kontraksi otot ketika otot-otot tidak memanjang atau memendek. Seperti tidak ada gerakan yang nyata tetapi di dalam otot ada ketegangan.

Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas, Anda cukup melakukan sekitar 30 menit untuk mendapatkan manfaatnya. Latihan barre dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas yang dapat menangkal cedera dan rasa nyeri.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Baik yang Dapat Merawat Kulit Usia 40 Tahun Keatas

4. Spin

Latihan ini dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya ketegangan di otot dans sendi. Gaya latihan ini dapat membantu kesehatan jantung, juga dapat membakar lebih banyak kalori dalamw aktu yang singkat.

Bagi Anda yang memasuki usia di atas 40 tahun dan sedang melakukan program menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan spin minimal 30 menit sebanyak  tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Pilates

Pilates juga menjadi salah satu pilihan untuk orang yang mulai memasuki usia tersebut, terlebih bagi yang mengalami nyeri di seluruh tubuh. Pilates dapat bermanfaat untuk membantu memperkuat otot yang lemak dan mencegah adanya cedera.

Pilates juga baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Anda dapat melakukan latihan ini sekitar 20 menit dalam satu kali sesi. 

6. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang paling murah, mudah, dan dapat dilakukan oleh semua orang. Selain membakar kalori, berjalan kaki juga dapat meningkatkan mood dan menguatkan stamina.

Berjalan kaki adalah olahraga berintensitas ringan, Anda dapat berjalan kaki minimal 30 menit per hari dan dilakukan lima kali dalam seminggu.

BACA JUGA: 6 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan ketika memasuki usia 40 tahun. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: