5 Kebiasaan Baik yang Dapat Merawat Kulit Usia 40 Tahun Keatas

5 Kebiasaan Baik yang Dapat Merawat Kulit Usia 40 Tahun Keatas

cara menghilangkan keriput di usia 40 tahun--tangkapan layar instagram @glutathione.storee

DISWAY JATENG – Pada saat seseorang menginjak usia 40 tahunan akan muncul tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Kamu dapat mengantisipasi masalah tersebut dengan melakukan kebiasan baik yang dapat merawat kulit usia 40 tahun keatas.

Perubahan di usia 40 tahun ke atas, khususnya berkaitan dengan kesehatan kulit menjadi masalah banyak orang. Sehingga kita perlu melakukan kebiasaan yang ternyata bisa merawat kulit usia 40 tahun keatas.

Merawat kulit usia 40 tahun keatas memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang extra. Pasalnya kebiasan baik yang dapat merawat kulit wajah tak hanya bisa dilakukan dengan sekali percobaan saja, harus dilakukan terus menerus.

Berikut 5 kebiasaan baik yang dapat merawat kulit usia 40 tahun keatas yang bisa kamu coba dan terapkan. SImak sampai habis ya.

BACA JUGA:5 Bahan Alami untuk Cegah Penuaan Dini, Kulit Tampak Awet Muda

1. Tidur Lebih Awal

Tubuh membutuhkan istrahat yang cukup sekitar 7-8 jam setiap harinya untuk memperbaiki diri dan melakukan proses pencernaan. Salah satu manfaat dari tidur yang cukup tak hanya untuk kebugaran saja, namun juga dapat merawat kulit.

Jika kamu sering tidur terlambat atau tak memenuhi standar tidur yang baik, maka lambat laun akan muncul garis-garis halus pada area tertentu di wajah. Termasuk cara tidur pun ternyata dapat mempengaruhi dan menentukan terjadinya penuaan dini di kulit wajah.

Kamu dianjurkan untuk tidur dengan posisi terlentang daripada posisi miring pada satu sisi saja. Hal ini dikarenakan wajah kamu akan bergesekan dan tertekan dengan bantal.

2. Hindari Rokok dan Alkohol

Kerutan sering terjadi atau lebih beresiko terjadi pada orang yang merokok, sehingga ada istilah yang muncul yaitu smoker’s face. Berkurangnya aliran darah ke wajah akibat bahan kimia beracun pada asap rokok dapat menyebabkan kerutan muncul.

Kemudian perokok juga memiliki kebiasaan saat merokok akan meyipitkan mata agar terhindar dari asap rokok. Akibatnya akan timbul garis atau kerutan-kerutan pada area sekitar mata.

Sama halnya dengan alkohol, ternyata dapat menjadi alasan terjadinya penuaan dini. Alcohol jika dikonsumsi terus menerus akan memberikan dampak buruk tak hanya untuk Kesehatan tetapi juga pada kulit.

Orang yang meminum alkohol cenderung  tidak mencukupi kebutuhan makanan yang sehat. Akibatnya kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk mencegah penuaan.

BACA JUGA:6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Anda Hindari, Salah Satunya Sering Makan Junk Food

3. Rajin Membersihkan Wajah

Kebiasaan untuk merawat kulit usia 40 tahun keatas selanjutnya yaitu dengan rajin membersihkan wajah. Air merupakan kompenen yang memiliki mineral alami yang melimpah.

Dengan kandungan mineral tersebut, air dapat menyegarkan wajah serta dapat melembabkan wajah dengan alami. Kamu bisa membasuh wajah dengan air atau dapat menyemprotkan dengan water spray.

Perlu kamu ingat, hindari mencuci wajah terlalu sering dan terlalu banyak menggunakan sabun pembersih wajah. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, mudah iritasi serta kering.

Kamu bisa memcuci wajah pada pagi hari menggunakan sabun pembersih wajah serta pada saat sebelum tidur. Cara tersebut akan mencegah timbulnya jerawat dan kerutan pada wajah.

4. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan baik untuk merawat kulit wajah usia 40 tahun keatas yaitu jangan terlalu sering menyentuh wajah. Karena kulit wajah memiliki sifat yang sangat sensitive, apalagi tangan kamu belum tentu terbebas dari bakteri dan kuman.

Sehingga jika kamu terlalu sering menyentuh wajah, maka akan menyebabkan munculnya jerawat serta keriput pada wajah. Selalu pastikan tangan kamu bersih dan terbebas dari kuman dan bakteri agar wajah tak terjangkit kuman dari tangan.

5. Hindari Makan-Makanan Siap Saji

Merawat kulit usia 40 tahun keatas ternyata dapat dilakukan dengan menghindari makanan siap saji. Makanan siap saji mengandung banyak bahan kimia dan pengawet yang tak hanya dapat merusak tubuh namun juga dapat menyebabkan penuaan dini.

Kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan sehat seperti sayuran serta buah-buahan. Vitamin dan ineral yang terkandung dalam buah dan sayur dapat membuat kamu lebih awet muda dan sehat.

BACA JUGA:Sering Minder Wajah Terlihat Kusam? Simak! Berikut Cara Mengatasi Penuaan Dini

Itulah 5 kebiasaan baik yang dapat merawat kulit usia 40 tahun keatas yang dapat kamu terapkan dan lakukan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: