6 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun

6 Tips Menjaga Kesehatan di Usia 40 Tahun

YOGA. Dapat menjadi salaah satu pilihan olahraga yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, hingga gerak tubuh untuk umr 40 tahun ke atas.--Sumber gambar: Stylecraze

DISWAY JATENG - Baik pria maupun wanita, ketika memasuki usia 40 tahun ke atas harus mulai bersiap-siap menghadapi banyak masalah kesehatan. Sehingga kita perlu menjaga kesehatan di usia 40 tahun, terlebih yang sudah melewatinya.

Menurut para ahli, pada usia ini merupakan waktu yang tepat untuk memenuhi kesehatan. Umur ini adalah waktu untuk mengevaluasi kesehatan dan menyusun rencana jangka panjang Anda, dan pastinya senantiasa menjaga kesehatan di usia 40 tahun.

Penting bagi Anda untuk menjalani gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan usia agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin menyerang. Penting menjaga kesehatan di usia 40 tahun agar Anda terus produktif.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan di usia 40 tahun seperti mengubah pola hidup perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Perubahan tersebut seperti pekerjaan, kebiasaan sehari-hari, hubungan sosial, dan pola makan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan pada umur 40 tahun untuk wanita maupun pria.

1. Waspada Terhadap Perubahan Fungsi Penglihatan

Pada umur 40 tahun, penglihatan akan mulai memburuk, Anda perlu rutin melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata sebagai antisipasi. Penurunan fungsi kesehatan dapat berakibat sulit bagi Anda membaca berbagai informasi penting.

Untuk jangka panjang, kondisi tersebut dapat menyebabkan penglihatan terganggu hingga kebutaan. Penyebab utama kebutaan tersebut adalah kondisi yang disebut degenerasi makula, gangguan ini dialami sekitar 9,1 juta orang di atas usia 40 tahun.

Hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan adakah dengan mengurangi penggunaan alat elektronik seperti HP atau laptop. Selain itu, terlalu banyak terkenan paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan katarak, sehingga perlu menjaga kesehatan di usia 40 tahun.

Pada kondisi tersebut, salah satu cara untuk memperlambat tumbuhnya katarak adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Anda juga dapat menggunakan kacamata antiradiasi yang memiliki perlindungan UVA dan UVB.

BACA JUGA:6 Gangguan Kesehatan di Usia 40 Tahun yang Rawan, Salah Satunya Fungsi Kandung Kemih Menurun

2. Tingkatkan Massa Otot

Memasuki umur 40 tahun, sebagian orang akan kehilangan massa otot sekitar 1% per tahunnya, Anda dapat melakukan program aktivitas fisik mingguan. Dengan mengombinasikan latihan beban bersama latihan kardiovaskular  untuk mendapatkan manfaatnya.

Selain itu, tubuh Anda mungkin akan menjadi kurang lentru dalam bergerak. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan yoga agar membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, hingga gerak tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: