Refleksi 5 Tahun Bupati Tegal Umi Azizah Diisi Semaan Alquran dan Dzikrul Ghofilin Mantab

Refleksi 5 Tahun Bupati Tegal Umi Azizah Diisi Semaan Alquran dan Dzikrul Ghofilin Mantab

DZIKRUL - Pelaksanaan Majelis Semaan Alquran dan Dzikrul Ghofilin Mantab berlangsung khidmat.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – Kegiatan refleksi tahun ke-lima masa kepemimpinan Bupati Tegal Umi Azizah dan Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie diisi dengan Majelis Semaan Alquran dan Dzikrul Ghofilin Mantab.

Kegiatan yang dihadiri 4.000 jamaah ini dipusatkan di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.

Bupati Umi menuturkan berdzikir dan berdoa adalah inti ibadah, di mana saatnya umat rasulullah merendahkan diri di hadapan kemaha-agungan Allah. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Cacat 170 Perumahan Wajib Serahkan PSU

Sehingga ini bisa dimaknai sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta sekaligus sarana ber-mujahadah, melakukan refleksi atas perjalanan umat manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Menurut Umi, melalui mujahadah ini diharapkan bisa menjadi langkah untuk mengasah spiritual vertikal maupun horizontal.

BACA JUGA:Jabatan Wali Kota Tegal Maksimal Berakhir 14 Januari 2024

Mencegah agar nilai-nilai kesantunan, kegotong-royongan, budaya saling membantu, tolong menolong, bekerja keras, dan bekerja ikhlas tidak tergerus oleh kebiasaan baru yang berkembang di era digital society 5.0 yang kerap kali itu kurang sejalan dengan konsep kerohanian Islam atau bahkan adat ketimuran.

“Berdzikir dengan sepenuh hati dan dilakukan dengan berjamaah menjadi kekuatan tersendiri untuk mempertebal keyakinan sekaligus menjadi perantara terkabulnya doa yang dipanjatkan, termasuk doa baik kita agar kesejahteraan masyarakat kita terus meningkat,” ujarnya.

BACA JUGA:Wujudkan MKKS SMP Kabupaten Tegal yang Bersahaja

Umi menyatakan, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal terus meningkat. Data BPS menyebutkan angka kemiskinan penduduk Kabupaten Tegal berkurang.

Persentase penduduk miskin tahun 2023 berkurang 0,6 persen. Tahun 2022 sebanyak 7,9 persen. Kemudian tahun 2023 menjadi 7,3 persen. Atau terendah ke delapan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

BACA JUGA:SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Bangkitkan Semangat Belajar Siswa

Begitu pula dengan tingkat pengangguran terbuka yang turun 1,04 persen dari semula 9,64 persen di tahun 2022 menjadi 8,6 persen di tahun 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: