Ketahui 6 Keuntungan Memakai Kartu Kredit Syariah, Tanpa Bunga dan Riba!

Ketahui 6 Keuntungan Memakai Kartu Kredit Syariah, Tanpa Bunga dan Riba!

keuntungan kartu kredit syariah--foto dream.co.id

4. Sesuai Prinsip Syariah

Sesuai namanya, kartu pembiayaan syariah memakai prinsip syariah berdasarkan hukum Islam. Produk ini menjadi solusi buat kalian yang ingin terhindar dari riba.

Adapun skema perjanjian atau akad yang berlaku sesuai syariah, yaitu :

  • Penjamin atas transaksi dengan merchant (kafalah dan qardh)
  • Pinjaman dana atas fasilitas penarikan uang tunai (qardh)
  • Sewa atas jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu (ijarah).

5. Biaya-biaya Lebih Ringan

Kartu kredit syariah menerapkan biaya bulanan yang tetap, serta relatif lebih rendah dibanding kartu kredit konvensional.

Sekalipun sistem penerapan bunga ditiadakan dan diganti dengan biaya tetap bulanan, tetapi besaran yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan suku bunga yang diterapkan di kartu kredit konvensional.

Besaran biaya bulanan bersifat tetap sesuai limit pembiayaan yang dijamin dan terdapat mekanisme rebate berdasarkan total nilai transaksi pemegang kartu. Jadi, biaya bulanan bersih bersifat fluktuatif.

6. Transaksi Lebih Berkah

Pada umumnya, bank syariah mengeluarkan kartu pembiayaan syariah yang akan memberikan kelebihan pada transaksi yang halal. Seperti ketika melakukan wisata halal, ibadah haji dan umrah, serta untuk kebutuhan zakat, infaq dan sedekah.

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

BACA JUGA:Ketahui Kelebihan Kartu Kredit vs Pinjaman KTA sebelum Ajukan ke Bank

Bahkan, denda yang diterapkan (jika ada) saat pemegang kartu menunggak akan diakumulasikan sebagai dana sosial yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum. Jadi, dari masyarakat untuk masyarakat juga.

Gunakanlah Kartu Kredit Syariah dengan Bijak

Meskipun manfaat dan keuntungan kartu pembiayaan syariah sangatlah banyak, tetapi kita tetap harus bijak menggunakannya.

Pasalnya, meskipun sangat membantu dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi, tetapi jika tidak bijak dalam menggunakannya akan menjadi bumerang. Selain tagihan yang akan besar, juga akan mempengaruhi skor kredit kalian yang tercatat di SLIK OJK. Untuk itulah, sangat penting mencatat dan mengontrol diri ketika menggunakan produk perbankan satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: