Ketahui Kelebihan Kartu Kredit vs Pinjaman KTA sebelum Ajukan ke Bank

Ketahui Kelebihan Kartu Kredit vs Pinjaman KTA sebelum Ajukan ke Bank

kartu kredit vs kta--foto finansialku

DISWAY JATENG - Produk pinjaman saat ini semakin banyak. Di perbankan, ada yang kita kenal dengan kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Kartu kredit sebetulnya adalah alat pembayaran non-tunai saat melakukan transaksi keuangan. Namun pada praktiknya, ada fasilitas tarik tunai dan dana tunai yang bisa dimanfaatkan pengguna kartu kredit saat butuh uang mendesak.

Tarik tunai kartu kredit dapat dilakukan di mesin ATM maupun EDC. Mengambil uang tunai dengan kartu kredit dikenakan biaya disertai bunga sebesar 4% atau minimal Rp.50 ribu setiap kali penarikan. Sedangkan dana tunai kartu kredit yaitu fasilitas pinjaman yang dananya berasal dari limit kartu kredit. Biasanya nilai pinjaman yang diberikan sekitar 40-50% dari sisa limit kartu kredit.

Selanjutnya pinjaman tersebut akan dikirim ke rekening pengguna. Tagihannya bakal dimasukkan ke tagihan kartu kredit supaya bisa mencicil setiap bulan. 

Sementara KTA adalah produk fasilitas pinjaman tanpa agunan bagi perorangan dan dapat digunakan untuk segala kebutuhan, seperti mendirikan usaha, biaya pendidikan anak, renovasi rumah, biaya pernikahan, dan lainnya.

BACA JUGA:Pinjaman KTA Dana Cepat, Kredit Tanpa Agunan Mudah dari CIMB Niaga

BACA JUGA:Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Ketahui Cara Kerja dengan Bunga 0%

Kelebihan Kartu Kredit

1. Banyak promo dan diskon menarik

Sudah bisa bayar belanjaan secara non-tunai, pinjam uang lewat fasilitas tarik tunai atau dana tunai, jadi nasabah kartu kredit juga dimanjakan dengan promo gede-gedean. Baik itu diskon harga barang, cashback pembelian makanan dan minuman.

Ada pula program loyalti, seperti point reward yang dapat ditukar dengan aneka produk, termasuk tiket pesawat gratis, voucher belanja, serta lainnya dengan syarat dan ketentuan minimal pembelian. Merchant yang bekerja sama pun banyak. Tidak hanya dari makanan dan minuman, tapi sampai kepada e-commerce untuk belanja online.

2. Berlaku di banyak tempat

Menggenggam kartu kredit, manfaatnya all in one. Bukan hanya untuk membayar transaksi pembelian saja, tapi juga dapat memperoleh pinjaman dari fasilitas tarik tunai maupun dana tunai.

Jika pengguna ingin tarik tunai, dapat dilakukan di ATM maupun mesin EDC merchant. Seperti diketahui, lokasi ATM dan mesin EDC tersebar di seluruh penjuru negeri. Tidak terhitung banyaknya. Jadi sangat mudah mendapatkan dana segar dari fasilitas tersebut meski risiko bunganya besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: