Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

cara melunasi hutang kartu kredit--foto klikmjm

DISWAY JATENG - Penggunaan kartu kredit yang kurang bijaksana bisa membawa nasabah terlilit utang. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melunasi kartu kredit.

Beberapa bank memang sudah memiliki program masing-masing untuk meringankan beban utang nasabah. Dua di antaranya adalah cicilan bunga 0% dan tenor hingga 24 bulan.

Namun, ada saatnya kalian butuh solusi lain untuk melunasi kartu kredit. Jadi, bagaimana cara melunasi kartu kredit yang sudah menumpuk?

Berikut Beberapa Cara Melunasi Kartu Kredit yang Sudah Menumpuk

1. Metode debt snowball

Debt snowball adalah metode yang digunakan banyak orang untuk melunasi utang. Bayangkan sebuah snowball atau bola salju, ketika snowball menggelinding snowball tersebut akan bertambah besar karena adanya tambahan salju yang dilintasinya.

BACA JUGA:Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit, Kemudahan dan Kecepatan Bertransaksi

Kurang lebih, itulah gambaran debt snowball. Kalian bisa melunasi utang yang paling kecil terlebih dahulu, baru melunasi utang yang lebih besar. Dengan kata lain, kalian bisa memprioritaskan utang dengan nominal yang lebih kecil terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, cara ini dianggap efektif untuk melunasi kartu kredit.

2. Gunakan aset dan tabungan

Jika kalian masih kesulitan dengan metode tersebut, cara lain yang bisa dilakukan untuk melunasi kartu kredit adalah menggunakan aset dan tabungan.

Memang, biasanya seseorang telah memiliki tujuan keuangannya masing-masing dengan aset dan tabungan yang ia miliki. Namun, bagaimana pun kalian tetap harus melunasi kartu kreditmu.

Semakin cepat kalian melunasi tagihan tersebut, semakin cepat pula akan terbebas dari lilitan utang yang lebih besar. Maka kalian akan terhindar dari bunga yang bertambah besar dari waktu ke waktu. Tips lainnya adalah kalian bisa mencari tambahan pemasukan dengan bekerja freelance atau membuka bisnis online.

3. Perkecil pengeluaran

BACA JUGA:5 Penyedia Kartu Kredit Tanpa BI Checking, Syarat Mudah dengan Limit Tinggi Hingga Rp200 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: