5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay --foto hukum online

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay bisa membantu kalian terbebas dari beban jeratan pinjol, yang mencakup pembayaran kembali dana pinjaman beserta bunga dan biaya lain yang mungkin terkait dengan pinjaman tersebut. 

Terlebih jika sudah melewati jatuh tempo, teror bahkan ancaman dari Debt Collector (DC) yang akan menghantui kalian. Maka untuk menghindari hal tersebut, perlu kalian tahu cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay alias gagal bayar. 

Terjerat utang pinjaman online (pinjol) bisa menjadi beban tersendiri bagi yang mengalaminya. Tidak hanya karena jumlah utang yang harus dibayarkan, akan tetapi bunga atau denda yang bisa memperburuk keadaan. Cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay bisa dilakukan dengan manajemen keuangan yang baik dan teratur. 

Pada artikel ini, Disway Jateng telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay alias gagal bayar yang bisa kalian coba dan lakukan. 

BACA JUGA:Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

 

1. Berkomunikasi dengan Perusahaan Pemberi Pinjaman

Pilihan ini sulit diambil oleh sebagian orang karena merasa akan diintimidasi. Meski demikian, dengan membawa pihak keluarga atau rekan yang mampu bernegosiasi jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman. Mereka mungkin bersedia mengatur pembayaran yang lebih fleksibel atau memberikan opsi restrukturisasi utang.

2. Prioritas Pembayaran Utang

Mulailah dengan melunasi utang yang memiliki bunga tertinggi terlebih dahulu untuk menghindari akumulasi bunga yang lebih tinggi.

3. Lakukan Negosiasi

Cobalah untuk bernegosiasi dengan pemberi pinjaman untuk mengurangi jumlah utang atau menawarkan skema pembayaran yang lebih terjangkau.

4. Buat Daftar Utang

Identifikasi semua utang pinjaman online yang dimiliki, termasuk jumlah pinjaman, bunga, dan jatuh tempo pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: