Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto sabahat pegadaian

DISWAY JATENG - Banyak orang terjebak dalam lingkaran utang yang semakin bertambah besar, sebab bunga dan biaya yang semakin tinggi. Karena itu, agar terhindar dari risiko yang merugikan, sebaiknya ketahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. 

Utang pinjol alias pinjaman online bisa menjadi masalah serius bagi finansial seseorang jika tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu, perlu mengetahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk supaya tidak terlalu terbebani. 

Dan banyak juga orang yang kesulitan mencari cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Tidak jarang, hal ini menjadi penyebab masalah keuangan, dan sebetulnya bukan pilihan bijak untuk menutupi segala finansial yang kalian miliki. 

Jika kalian merasa terjebak dalam situasi tersebut, Setidaknya ada 12 cara melunasi utang pinjol yang menumpuk karena bakal memerlukan strategi dan disiplin keuangan yang baik. Pasalnya, dalam prosesnya memang akan memerlukan waktu dan upaya yang cukup panjang.

BACA JUGA:8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol Sampai Tuntas, Solusi Bebas dari Kejaran DC Lapangan

Sehingga, bersabar dan berkomitmen menjadi salah satu kunci untuk mengatasi masalah keuangan kalian. Jika memungkinkan, hindari masuk ke dalam utang baru agar kondisi keuangan di masa depan bisa menjadi lebih baik.

Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk 

1. Hubungi Pemberi Pinjaman

Jika kalian mengalami kesulitan keuangan, jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman. Beberapa pemberi pinjaman mungkin bersedia untuk bernegosiasi mengenai jadwal pembayaran atau memberikan suku bunga yang lebih rendah.

2. Jual Aset

Cara yang satu ini harus kalian pikirkan matang-matang sebelum melakukannya. Pasalnya, menjual aset menjadi solusi yang ekstrim untuk membayar utang. Namun, di lain sisi jual aset juga menjadi solusi untuk mendapatkan uang secara cepat.

BACA JUGA:10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga Sepeserpun

3. Buat Anggaran

Membuat rencana anggaran bulanan yang rinci bisa mempermudah pengelolaan pendapatan dan pengeluaran kalian. Dalam pembuatan anggaran, pastikan kalian memasukkan dana untuk membayar utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: