Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

cara melunasi hutang kartu kredit--foto klikmjm

Memperkecil pengeluaran adalah metode lain yang dapat membantumu dalam melunasi utang kartu kredit lebih cepat. Dengan mengurangi pengeluaran, maka akan terdapat sisa uang yang bisa digunakan untuk membayar utang kartu kreditmu.

Misalkan, kalian sering jajan kopi secara online. Nah, ada baiknya mencoba untuk mulai membuat kopi sendiri di rumah ketimbang membelinya dari aplikasi. Dengan begitu, kalian bisa memperkecil pengeluaran pribadi dengan jumlah yang lumayan yang dapat dialokasikan ke pelunasan kartu kredit kalian masing-masing. 

4. Fokus menggunakan uang cash 

Bank Rate mengatakan, salah satu cara ampuh untuk melunasi utang kartu kredit adalah dengan fokus menggunakan cash saat bertransaksi.

Cara ini sangat berkaitan dengan poin nomor pertama. Dengan menggunakan cash, kalian tidak akan terus menambah utang kartu kredit untuk membayar pengeluaranmu. Tidak hanya itu, kalian pun akan terbantu untuk mengurangi pengeluaran kalian.

5. Buat rencana pengeluaran bulanan

Membuat rencana pengeluaran bulanan memungkinkan untuk hidup sesuai dengan kondisi finansial kalian. Tidak hanya itu, kalian juga bisa memperjelas rencana pelunasan utang kartu kredit dan mengetahui dengan pasti kapan diri kalian dapat melunasinya.

Ketika kalian tahu estimasi waktu kapan harus membayar utang kartu kredit, tentu akan menjadi lebih termotivasi untuk melunasinya.

6. Hindari menambah utang

Pernah mendengar istilah gali lubang, tutup lubang? Istilah tersebut menggambarkan seseorang yang melakukan utang demi membayar utang lainnya.

Sebaiknya kalian menghindari cara yang satu ini untuk melunasi kredit. Hindari meminjam uang ke teman, pinjaman online, dan sebagainya. Kalian tidak akan pernah terlepas dari utang jika terus-menerus menerapkan metode ini.

7. Metode debt stacking

Selain debt snowball, cara lain yang bisa dilakukan untuk melunasi utang adalah metode debt stacking. Jika memiliki beberapa utang dengan besaran bunga yang berbeda, metode yang satu ini lebih cocok untukmu.

Metode debt stacking adalah metode pelunasan utang dengan memprioritaskan kredit dengan bunga yang paling tinggi terlebih dahulu, dengan begitu beban bunga yang kalian miliki pun lebih minim.

BACA JUGA:Pahami 10 Manfaat Kartu Kredit bagi Pengguna yang Perlu Kamu Ketahui, dengan Bunga Cicilan 0%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: