Bikin Panjang Umur, 8 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dan Otak

Bikin Panjang Umur, 8 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dan Otak

Ilustrasi makanan yang menjaga kesehatan jantung dan otak--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Seiring pertambahan usia, tubuh manusia mengalami penuaan yang menyebabkan penurunan fungsi otak dan jantung.

Kesehatan kedua organ penting tersebut sangat berpengaruh terhadap usia. Jika kamu ingin panjang umur, maka harus mengonsumsi makanan sehat supaya tidak menimbulkan masalah pada otak dan jantung.

Sebab, nutrisi yang terkandung di dalam makanan bisa memberikan pengaruh pada fungsi otak dan jantung.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 8 makanan yang menjaga kesehatan jantung dan otak:

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, trout, mackerel, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).

Kedua jenis asam lemak ini memiliki manfaat penting bagi kesehatan jantung dan otak. Omega-3 membantu mengurangi risiko peradangan, menjaga kelenturan pembuluh darah, dan mengatur tekanan darah.

Dalam otak, omega-3 berkontribusi pada struktur sel-sel saraf dan transmisi sinyal.

2. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin K, dan flavonoid.

Antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan penurunan fungsi otak.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa komponen dalam buah-buahan beri dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mendukung fungsi kognitif.

3. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli merupakan contoh sayuran hijau gelap yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta serat dan antioksidan.

Vitamin K, misalnya, membantu dalam pengaturan pembekuan darah dan dapat mendukung kesehatan jantung.

Antioksidan dan serat dalam sayuran ini juga dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

BACA JUGA:Kurangi Konsumsi Makanan Ini! 8 Makanan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Lemak tak jenuh tunggal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL ("kolesterol jahat") dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, yang mendukung fungsi otot dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah merupakan sumber lemak sehat, serat, protein, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Lemak sehat yang terdapat dalam kacang-kacangan, seperti asam lemak tak jenuh dan omega-3, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL ("kolesterol baik").

Serat dalam kacang-kacangan juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur gula darah.

6. Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu pigmen alami yang memberikan warna merah pada tomat.

Likopen adalah sejenis antioksidan yang memiliki efek melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan penuaan.

Likopen juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan otak, karena dapat membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

BACA JUGA:Ingin Tahu Manfaat Jus Jambu Biji? Ini Dia 8 Manfaat Jus Jambu Biji Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

7. Dark Chocolate

Dark chocolate yang memiliki kandungan kakao tinggi, mengandung flavonoid, sejenis senyawa antioksidan.

Flavonoid dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, serta memiliki potensi untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mempengaruhi tekanan darah dan fungsi pembuluh darah.

Meskipun memiliki manfaat potensial, pastikan mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah yang wajar dan memilih produk dengan sedikit gula tambahan.

8. Gandum Utuh

Sumber serat dalam makanan seperti oatmeal dan roti gandum utuh dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak.

Serat membantu mengatur kadar kolesterol dan gula darah, serta mempromosikan pencernaan yang sehat.

Kandungan nutrisi seperti vitamin B, zat besi, dan magnesium dalam gandum utuh juga dapat mendukung fungsi jantung dan otak.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber