5 Macam Air Rebusan yang Ampuh Turunkan Gula Darah

5 Macam Air Rebusan yang Ampuh Turunkan Gula Darah

Air rebusan daun kelor--by.kontan kesehatan

Dalam studi tersebut, dijelaskan bahwa penderita diabetes tipe 2 menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah setelah diberikan air rebusan daun salam. Pengukuran kadar gula darah dilakukan dengan menggunakan alat Easy Touch. 

Konsumsi air rebusan daun salam bermanfaat untuk peluruh kencing (dieuretik) sehingga mampu memperbanyak produksi urin dan bisa menurunkan kadar gula darah.

3. Air rebusan daun mangga  

Salah satu daun yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah adalah daun mangga. Melansir dari Kontan, konsultan endokrinologi Rumahsakit Aster CMI, India Dr Mahesh mengatakan bahwa kandungan daun mangga bisa mengurangi metabolisme karbohidrat dan membantu menurunkan gula darah.  

"Ekstrak daun mangga (mangiferin) mempunyai kemampuan untuk menghambat enzim alfa glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus, dan karenanya menurunkan kadar glukosa darah," kata dia. Selain itu, daun mangga juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa.

Bahkan, daun ini sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat. Anda dapat merebus daun mangga selama 15 menit, kemudian menyaringnya sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA: Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia  

4. Air rebusan daun kumis kucing  

Tanaman kumis kucing yang dikombinasikan dengan daun sambiloto berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Melansir dari Kompas.com, Sabtu (12/11/2022), penelitian menunjukkan bahwa ramuan daun kumis kucing secara signifikan menurunkan gula darah serta meningkatkan leptin dan HDL atau kolesterol baik. 

Anda dapat mengolah ramuan herbal ini dengan cara merebusnya. Caranya, siapkan daun daun kumis kucing, daun sambiloto, brotowali, dan air. Kemudian, cuci hingga bersih dan rebus sampai mendidih. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak dua kali sehari dengan takaran satu gelas.

 5. Air rebusan daun kelor 

Melansir dari Kompas.com, Jumat (11/11/2022), daun kelor bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan gula darah agar tetap berada dalam batas sehat. 

Tanaman ini juga meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin sehingga membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes. Anda dapat merebus 300 mg daun kelor ke dalam 3 gelas air. Kemudian, minum air rebusan tersebut selagi hangat secara sekaligus (dihabiskan langsung dalam 1 gelas). 

Anda dapat  meminum air rebusan daun kelor sebanyak 1 kali per hari.(*) 

BACA JUGA:Luar Biasa, Dengan Minum Air Putih Lebih dari Satu Liter Perhari Bisa Cegah Diabetes Tipe 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.kontan.co.id