Ini Dia 6 Tanda Tubuh Penuh Dengan Gula, Perlu Waspada!

Ini Dia 6 Tanda Tubuh Penuh Dengan Gula, Perlu Waspada!

6 tanda tubuh penuh gula-pexel.s-

DISWAY JATENG - Ini dia 6 tanda tubuh penuh dengan gula darah yang perlu diwaspadai. Meski terlihat ringan kita perlu menangani dengan segera karena jika dibiarkan berlarut-larut kondisi gula pada tubuh akan berlebih dan menimbulkan gangguan kesehatan dalam tubuh.

Idealnya kadar gula darah normal pada puasa sekitar antara 102 sampai 99 mg/dL, sedangkan kadar gula darah normal setelah makan tidak lebih dari 140 mg/dL.

Namun pada kondisi diabetes dan prediabetes reguler darah bisa meningkat dengan cepat peningkatan kadar gula inilah yang dapat menimbulkan beberapa gejala maka kenalilah 6 tanda tubuh kelebihan gula

Berikut 6 tanda tubuh penuh gula darah atau gejala kelebihan gula yang perlu diwaspadai

1. Mulut Terasa Kering

Jika anda mengalami terasa kering itu tandanya kelebihan gula. Hal ini disebabkan oleh kurangnya produksi air liur dalam tubuh. Mulut kering akan meningkatkan resiko munculnya infeksi jamur dan bakteri pada mulut.

2. Sering Haus dan Buang Air Kecil

Perlu diwaspadai jika ada rasa haus yang berlebihan dan peningkatan frekuensi buang air kecil. Sebab, kondisi ini bisa menjadi tanda tubuh kelebihan gula. penumpukan gula dalam darah juga dapat membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula.

Saat ginjal tidak dapat mengimbanginya,  kelebihan gula tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Akibatnya buang air kecil bisa menjadi lebih sering dan cairan yang keluar lewat kulit juga lebih banyak. Hilangnya banyak cairan lewat urine inilah yang menimbulkan rasa haus meski telah banyak minum.

BACA JUGA:Kenali 8 Gejala Gula Darah Saat Buang Air Kecil

3. Cepat Merasa Lelah

Meskipun gula adalah salah satu sumber energi bagi tubuh,  tetapi kalau kadar gulanya tinggi dalam darah dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula menjadi energi. Akibatnya tubuh akan terasa lemas dan cepat lelah. 

4. Selalu Merasa Lapar

Tanda tubuh kelebihan kadar gula yaitu adalah selalu merasa lapar. Pada penderita diabetes kulit yang diserap dari makanan tidak masuk ke dalam sel sehingga tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Hal ini yang membuat tubuh terasa terus terasa lapar nafsu makan meningkat.

 

5. Kaburnya Penglihatan

Saat kelebihan gula dalam darah dapat mempengaruhi cairan dan jaringan dalam tubuh. Termasuk lensa mata, kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu penglihatan pada penderitanya. jika tidak segera ditangani kondisi ini dapat membuat lensa mata membengkak, merusak pembuluh darah di retina yang dapat menyebabkan kebutaan.

 

6. Perubahan Warna Kulit

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Terutama di daerah lipatan tubuh misalnya leher dan lipatan siku. kondisi ini terjadi akibat resistensi hormon insulin yang umum terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

Pada dasarnya peningkatan kadar gula darah erat kaitannya dengan pola makan dan gaya hidup. Jika konsumsi makanan secara berlebih dan tidak memperhatikan kebutuhan kalori, apalagi jarang berolahraga merupakan faktor-faktor yang dapat disebabkan naiknya kadar gula darah secara drastis.

BACA JUGA:Sering Disamakan, Berikut 6 Perbedaan Gula Darah dan Tekanan Darah, Penting Agar Tidak Salah Faham!

Jika anda alami beberapa tanda tubuh kelebihan gula seperti yang disebutkan di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi gula darah. Anda dianjurkan untuk melakukan perusahaan rutin jika menderita diabetes prediabetes atau riwayat keturunan diabetes.

Pun tidak ada salahnya anda mengecek gula darah sendiri di rumah. Hal ini Karena cek gula darah sendiri dapat menjadi hal penting dalam mengelola diabetes dan mencegah komplikasi. Anda dapat gunakan alat continuous glucose monitor (CGM) atau dapat mengecek gula darah di rumah dengan perangkat elektronik portabel yang disebut pengukur gula darah dengan menggunakan setetes darah.

Itulah 6 tanda yang dapat kalian kenali untuk mengetahui kadar gula darah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: