5 Gunung di Sumatra Barat Ini Aman di Taklukkan Bagi Kamu Pendaki Pemula, Gunung Apa saja?

5 Gunung di Sumatra Barat Ini Aman di Taklukkan Bagi Kamu Pendaki Pemula, Gunung Apa saja?

Ilustrasi 5 Gunung di Sumatra Barat yang Aman Bagi Pendaki Pemula--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Bicara tentang spot pendakian gunung di Indonesia, tidak enak rasanya jika daftar gunung di Sumatera Barat ini tidak masuk dalam daftar. Soalnya gunung-gunung di Sumatera Barat menawarkan tantangan yang menguji karakter para pendaki dan juga jalanan pendakiannya yang menawankan mata.

Untuk itu, jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi mendaki di gunung versi Sumatera Barat, maka tidak baik rasanya jika tidak mencoba lima gunung ini.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 gunung di sumatra Barat bagi pendaki pemula :

1. Gunung Marapi

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung di Sumbar yang berstatus aktif. Meski demikian gunung sangat primadona bagi para pendaki.

Tidak hanya untuk para pendaki profesional yang sudah berpengalaman, Gunung Marapi termasuk aman untuk para pendaki pemula.

Gunung dengan ketinggian 2.891 mdpl ini memilikan punya yang luas dengan pemandangan indah dan terbuka. Para pendaki juga dapat menyaksikan kawah gunung yang masih aktif mengeluarkan belerang.

Beberapa tempat favorit para pendaki di Gunung Marapi Sumbar yakni puncak Tugu Abel yang memiliki nilai sejarah, lalu hampangan lapangan luas, Puncak Merpati yang merupakan puncak tertinggi, serta taman edelweis yang indah.

Selain itu, dari Puncak Gunung Marapi juga dapat terlihat dengan jelas gaganya Gunung Singgalang saat cuaca cerah. Saat akan summit attack, kamu juga bisa menyaksikan samudra awan, jika cuaca mendukung.

Medan yang akan ditempuh juga relatif lebih aman jika dibandingkan gunung – gunung lain di Sumbar. Tidak terlalu curam dan lebih banyak bonus.

Meski demikian kondisi fisik tentulah menjadi faktor utama yang menentukan apakah kamu mampu menaklukan gunung ini atau tidak. Adapun jalur favorit untuk mendaki Gunung Marapi yakni melalui pos Pesanggrahan yang terletak di Kota Baru, Bukit Tinggi.

2. Gunung Singgalang

Untuk mencapai puncaknya, terdapat tiga rute yang umum digunakan oleh para pendaki. Bisa dari Toboh, Balingkara serta Kota Baru.

Dengan ketinggian 2.887 mdpl, Singgalang memakan waktu tempuh rata-rata pendaki sampai enam jam. Salah satu yang paling spesial dari gunung Singgalang adalah kawasan cadasnya.

Bukan hanya itu, pendaki bisa menyaksikan Telaga Dewi yang indah dengan cerita legendanya sendiri. Jika beruntung dan tidak terhalang kabut, pendaki bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi dan kota Padangpanjang dari puncak Singgalang ini.

3. Gunung Tandikek

Gunung Tandikek terletak di Dataran Tinggi Minangkabau, Padang Panjang Sumatera Barat Gunung ini persis berada di samping Gunung Singgalang.

Gunung ini sama seperti Gunung Singgalang, dan Gunung Marapi yaitu dikenal dengan Puncak Tri Arga yang lokasinya berdekatan.

Puncak Tri Arga sendiri memiliki arti penyangga langit Minangkabau. Gunung Tandikek juga biasa dikenal memiliki nama Gunung Tandikat.

Dari puncak Tandikek, akan terlihat jelas hamparan dataran rendah Pariaman yang langsung menghadap ke Samudra Hindia.

Butuh waktu 8-10 jam untuk bisa mencapai puncak gunung dengan tinggi 2.438 mdpl ini.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Gunung di Jawa Timur Bagi Pendaki Pemula, Mana Favoritmu?

4. Gunung Talang

Gunung Talang berlokasi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Gunung berketinggian 2.597 Mdpl ini memiliki beragam lanskap yang dapat dinikmati di antaranya hamparan awan, matahari terbit, hingga pesona tiga danau yakni Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang.

Di awal pendakian, kita akan disuguhkan perkebunan teh yang menawan. Gunung ini punya trek pendakian yang cukup landai dan cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Talang juga termasuk gunung berapi yang masih aktif.

5. Gunung Sago

Gunung terakhir yang bisa kamu coba untuk dikunjungi ketika berada di Sumatera Barat adalah Gunung Sago. Pendakian di Gunung Sago mungkin tidak sebanyak yang ada di gunung lainnya. Meskipun demikian, gunung dengan ketinggian 2.262 mdpl ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Gunung sago terletak di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar. Kamu bisa memulai pendakian Gunung Sago lewat jalur yang ada di Desa Sikabu-Kabu.

Salah satu keunikan yang bisa dinikmati dari Gunung Sagu adalah kaldera mati yang berada di puncak gunung tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber