9 Makanan Tradisional Jepang yang Ramai diminati di Indonesia

9 Makanan Tradisional Jepang yang Ramai diminati di Indonesia

katsu--9 Makanan Tradisional Jepang yang Ramai diminati di Indonesia

DISWAYJATENG.ID - Makanan Jepang adalah salah satu kuliner yang cukup banyak digemari oleh masyarakat di Tanah Air. Sebab, makanan Jepang memiliki cita rasa yang lezat dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, makanan Jepang juga mudah diolah. Misalnya untuk membuat ramen, kita bisa membelinya secara instan di supermarket. Atau jika ingin membuat chicken katsu, bahan-bahannya bisa dibeli secara mudah di pasar.

 

Makanan Jepang juga sangat beragam. Bukan sebatas ramen, sushi, atau chicken katsu saja. Kira-kira apa saja makanan Jepang paling populer di Indonesia? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Daftar Makanan Jepang Paling Populer

Ada banyak sekali menu makanan Jepang yang populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Dilansir situs agen travel, berikut 20 makanan Jepang paling populer.

 

1. Sushi

Sushi menempati posisi pertama sebagai makanan Jepang paling populer di Indonesia. Sushi merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa hidangan laut, daging, dan sayuran yang mentah.

BACA JUGA: 

Karakter Kopi Arabika dan Cara Penyeduhannya

 

 

Sayangnya, tidak semua orang Indonesia terbiasa makan sushi mentah. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak restoran Jepang yang menyediakan sushi mentah dan matang.

 

Sushi dibedakan menjadi beberapa jenis. Namun, yang paling populer adalah norimaki dan nigiri. Yang jadi pembeda, norimaki adalah sushi yang digulung dan dibungkus nori atau rumput laut kering, sedangkan nigiri adalah sushi yang berupa sejumput nasi dengan topping seafood mentah.

 

2. Ramen

Selain sushi, ramen juga sangat populer di Indonesia. Olahan mie yang berkuah ini memiliki cita rasa umami yang sangat lezat. Sebab, kuah ramen menggunakan miso soy hingga kaldu tulang babi (tonkatsu).

 

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak restoran Jepang yang menjual ramen menggunakan bahan-bahan halal. Selain itu, harganya juga ramah di kantong.

 

Ramen biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti potongan daging ayam, irisan daun bawang, rumput laut, telur rebus setengah matang, dan lain sebagainya. Paling nikmat adalah menyantap ramen selagi masih panas.

 

3. Takoyaki

Pasti detikers pernah melihat makanan Jepang yang satu ini, karena sudah banyak dijual di pinggir jalan hingga di dalam mal. Takoyaki merupakan jajanan khas Jepang berbentuk bulat yang di bagian dalam terdapat daging gurita.

 

Bahan untuk membuat takoyaki juga sederhana, yakni dari tepung terigu. Proses pembuatannya juga cukup unik, yakni dengan menuang adonan tepung ke dalam cetakan khusus yang berbentuk cekungan setengah bola.

 

Setelah dimasak hingga matang, takoyaki akan diberi tambahan saus tonkatsu, mayones, dan topping berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu. Namun, bila tidak ada saus tonkatsu, maka bisa diganti menggunakan saus tomat.

 

4. Karaage

Karaage adalah ayam goreng khas Jepang yang rasanya gurih dan nikmat. Karaage dibalut dengan tepung renyah, namun saat digigit daging ayamnya tetap terasa juicy di mulut.

 

Karaage sangat mudah dijumpai di Indonesia, biasanya ayam goreng ini disajikan di restoran yang menjual ramen dan sushi. Kalau tak sempat makan di restoran, detikers bisa membeli karaage dalam bentuk frozen food.

 

5. Domburimono

 

Kuliner yang pertama ini makanan Jepang tradisional yang sudah terkenal banget di Jepang menjadi makanan yang lezat banget dan wajib anda cobain. Domburimoni ini terdiri dari beras yang di tutupi dengan daging ayam, telur rebus, acar, sup tahu, daging sapi rebus, dan biasanya di beri udang goreng yang di sebut dengan Tendon atau daging babi yang disebut Katsudon, Domburimono ini memiliki rasa gurih, segar, dan pastinya lezat. Untuk harga 1 mangkuk Domburimono ini sangat terjangkau dan bisa anda temukan di restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia yang menjual makanan tradisional Jepang.

 

6. Okonomiyaki

 

Makanan yang satu ini juga gak kalah populer dari Domburimono, kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih karena terdiri dari sayuran, seafood, daging cincang, bumbu khas jepang, dan di adon menjadi satu lalu di masak di atas wajan. setelah matang biasanya di beri mayones, nori, kepiting dan cita rasa dari okomiyaki ini membuat siapapun ketagihan guys, rayanya top marko top!!! Untuk menemukan Okonomiyaki ini biasanya di jual di toko-toko kecil Jepang, dan sangat susah di temukan di Indonesia, jadi saat berlibur ke Jepang wajib banget nih guys kalian cobain Okonomiyaki Jepang yang Yummy!!!

7. Yokitori

 

Yokitori ini hampir sama dengan sate karena terdiri dari potongan daging ayam, jantung, hati, dan tulang yang di masak dengan cara di panggang, rasa dari Yokitori ini sangat tajam dan sangat lezat.. bumbu dari yokitori ini terdiri dari bawang putih, bawang merah, sayuran yang hampir mirip dengan paprika namanya Piman, untuk menemukan Yokitori ini anda bisa menemukannya di restoran-restoran yang menjual makanan Jepang dan yokitori ini biasanya menjadi makanan ringan untuk menemani saat menikmati secangkir minuman hangat.

8. Teriyaki

 

Mungkin nama yang satu ini memang sudah ngehits banget, teriyaki ini adalah saus yang terdiri dari kecap asin (Shofu), saus teriyaki (Tare), dan gula pasir , nah kalian tau gak sih kenapa di beri nama Teriaki? karena teriaki ini memiliki arti yaitu bersinar, nah karena teriaki diberi gula dan memiliki warna yang bersinar, makanya diberi nama teriyaki.

Nah guys teriyaki ini merupakan bumbu yang biasanya di gunakan sebelum di bakar, dan teriyaki biasanya di gunakan untuk membumbui ikan salem, ikan tongkol, ikan marlin, ikan trout dan biasanya di Jepang teriyaki ini menggunakan dagung sapi, daging ayam, daging babi, dan cumi-cumi yang besar. untuk rasaynya jangan di ragukan lagi karena enak banget guys!!! untuk menemukan teriyaki ini cukup mudah di Indonesia banyak sekali penjual teriyaki yang lezat terutama di restoran-restoran Jepang yang besar dan terkenal.

9. Dorayaki

 

Kalo denger makanan yang satu ini pasti anda ingat dengan kartun Doraemon ya guys, doraemon biasanya suka banget makan dorayaki, nah kalian tau gak sih makanan yang lucu ini merupakan makanan tradisional Jepang yang dikenal dengan nama Wagashi bentuk kue ini bundar dan pada tengah kue ini berisi selai kacang merah yang lezat. Untuk tekstur dorayaki ini sangat lembut, karena terdiri dari adonan yang diberi madu.

cukup mudah karena di Indonesia sudah menjamur sekali penjual dorayaki guys, biasanya di Indonesia anda bisa menemukan dorayaki dengan rasa keju ataupun cokelat. Untuk harga dari dorayaki ini masih terjangkau dan bersahabat dikantong anda.

 

 

Nah itulah makanan Tradisional Jepang yang wajib anda coba guys, gimana kuliner Jepang di atas bikin ngiler kan? Jangan ngaku pencinta kuliner Jepang kalo kalo anda belum cobain beberapa kuliner tradisional Jepang yang ada diatas, Nah nunggu apa lagi yuk cari restoran Jepang bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang untuk makan bersama, semoga info diatas berguna untuk anda yang lagi cari makanan Jepang, Selamat mencoba guys!(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: 9 makanan tradisional jepang yang ramai diminati di indonesia