Opak Singkong Khas Moga Kabupaten Pemalang Banyak Dicari

Opak Singkong Khas Moga Kabupaten Pemalang Banyak Dicari

DIKEMAS - Opak singkong yang sudah matang dikemas untuk dijual ke pelanggan.Foto:Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Jajanan tradisional yaitu opak singkong, saat ini masih bertahan dan diproduksi oleh usaha rumahan di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga. opak singkong laris manis diburu pembeli, yang datang dari berbagai daerah. 

Nur Rahayu, pembuat opak singkong mengatakan, opak singkong digemari masyarakat dan penjualannya terus meningkat. Meskipun terbuat dari singkong, namun peminat masih tinggi sehingga produksi hamir setiap hari dilakukan. 

BACA JUGA:Dorong Permodalan UMKM di Kabupaten Tegal

"Proses pembuatannya masih manual belum menggunakan mesin modern, jadi terbatas jumlahnya," ujar Nur. 

Produksi yang terbatas antara lain dikarenakan keterbatasan peralatan dan tenaga. Walaupun produksi dilakukan tiap hari, namun belum tentu bisa memenuhi semua permintaan pelanggan. Pelanggan rata-rata adalah penjual eceran, jadi mereka melakukan pemesanan terlebih dahulu jauh-jauh hari.

BACA JUGA:Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang Rapat Kerja Bahas APBD Tahun 2023 dengan OPD

"Karena terlalu banyak pesanan, justru di rumah produksi tidak ada stok, opak langsung diambil oleh pelanggan," tambahnya.

Produksi mencapai sekitar 60 kilogram, namun tetap saja belum mencukupi permintaan pelanggan. Saat ini opak singkong di jual mentah, namun ada juga yang matang dengan rasa asin dan pedas manis. Harganya sangat terjangkau dan murah, sehingga banyak peminat selain rasanya yang enak dan renyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: