Lezatnya Mangut Beong Makanan Khas Magelang Selain Rasanya juga Bergizi Tinggi

Lezatnya Mangut Beong Makanan Khas Magelang Selain Rasanya juga Bergizi Tinggi

Mangut Beong Magelang--by.Solopos.com

DISWAYJATENG.ID - Beragamnya wisata Magelang yang begitu Indah dan mempesona tidak membuat Kuliner Khas Magelangnyapun ikut terbawa. 

Magelang yang terkenal dengan keindahan alamnya yang beragam.Dan  terletak tidak jauh dari Kota Jogja, Magelang ini  menjadi salah satu destinasi yang sangat  ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat musim libur tiba.

Karena Selain menikmati keindahan alamnya, alangkah baiknya Anda  yang akan berkunjung ke Magelang mencoba dan mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di sana. 

Lezatnya Mangut Beong Makanan Khas Magelang Selain Rasanya juga Bergizi Tinggi

Berikut  ini rekomendasi makanan yang khas Magelang dan  wajib Anda  coba pada saat berkunjung ke sana.

BACA JUGA: Menikmati Cita Rasa Makanan Khas Magelang yang Sangat Lezat, Nomor 2 Bikin keringat membasahi Tubuh, Mak nyus

1.Opor Enthog

Selain kupat tahu dan nasi goreng magelangan, Magelang juga  mempunyai kuliner lainnya yang takakalah lezat  berupa opor enthog. Opor enthog ini juga termasuk ikon kuliner kota Magelang yang merujuk pada makanan berkuah yang menggunakan angsa sebagai hidangan utamanya.

Makanan ini biasanya paling banyak  itu ditemukan di desa Menowo yang masih termasuk dalam wilayah kawasan Magelang. Dan Salah satu tempat makan opor enthog di desa Menowo, Magelang yang terkenal yaitu Opor Enthog Johar Sari ala bu Cipto.

Angsa atau enthog yang diolah menjadi opor pertama-tama itu disembelih kemudian  dimasak dengan cara membakarnya  menggunakan tungku sampai  semua bulunya rontok. 

Saat proses  dibakar daging enthog ini juga mengeluarkan lemak dan minyak sehingga kuah kaldu opornya alkan lebih kental dan berminyak dibuatnya.

Opor enthog dan opor ayam ini berbeda dengan opor ayam. Bila opor ayam kuah dan kaldunya ini  disatukan, opor enthog  ini malah memisahkan kuah dan enthognya.

Penyajian opor enthog ini biasa dilakukan bersama nasi putih, kemudian lalapan mentimun dan daun pepaya, serta  tidak ketinggalan sambal ijo jelantah.

2.Mangut Beong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.makananoleh-oleh.com