Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Kelapa adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh kita sehingga kita juga harus mengkonsumsi kelapa. Indonesia sebagai negara tropis patut berbangga hati karena memiliki pohon kelapa dengan segudang manfaat.

 

Pada bagian buahnya mempunya air yang sangat menyegarkan dan punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

BACA JUGA:Ini Dia 9 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Bayi Kita

 

1.Air kelapa baik untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa bisa menjadi opsi minuman sehat saat hamil karena dapat menghidrasi dan menyediakan elektrolit. Air kelapa Ini sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah.

Selain itu juga baik untuk perempuan yang mengalami tekanan darah tinggi saat hamil bisa membantu menurunkannya karena mengandung kalium. Nutrisi yang terkandung kita ketahui dapat berkontribusi dalam regulasi aliran darah dan tekanan darah.

Tetapi minuman ini tidak boleh menjadi pengganti perawatan dari dokter untuk tekanan darah tinggi pada ibu hamil atau preeklamsia.

 

2.Mengatasi dehidrasi

Air kelapa sendiri memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah sehingga mudah untuk mengisi cairan tubuh.

Penyakit diare sering muncul dengan kehilangan cairan dan elektrolit yang signifikan dari tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jika mengalami seperti ini kita sarankan untuk rehidrasi dengan minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa air kelapa secara efektif mengobati dehidrasi akibat diare ringan. Serta secara efeknya setara dengan minuman olahraga dalam mempromosikan rehidrasi dalam kasus kehilangan elektrolit lainnya.

 

3.Membuat kulit halus dan bercahaya

Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kulit kita akan kering, kencang, dan bahkan bersisik yang sangat mengganggu. Dengan kita mengkonsumsi air kelapa dapat berkontribusi pada kebutuhan hidrasi harian yang meningkatkan sirkulasi dan kulit bercahaya.

Varietas air kelapa tertentu kita perkaya dengan vitamin C yang memiliki banyak sifat antioksidan dan secara alami merangsang sintesis kolagen. Sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan tampak awet muda.

 

4.Menurunkan berat badan tanpa efek samping

air kelapa memiliki kandungan lemak, gula, dan kalori yang rendah, sehingga dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Ini sangat cocok bagai kalian yang sedang melakukan diet.

Akan tetapi kita juga harus mengatur ketika mengkonsumi air kelapa, jangan jadikan ini sebagai cara alternatif. Selain mengkonsumi air kelapa kalian juga harus melakukan kesehatan agar kebugaran dalam tubuh juga terjaga.

 

5.Menghilangkan racun-racun dalam tubuh

Menurut laporan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat 2016 mendapat perbandingan jenis kelapa lainnya, air dari kelapa hijau mengandung lebih banyak enzim bioaktif seperti tanin.

Tanin sendiri adalah senyawa antitoksik sehingga air kelapa hijau dapat sering kita anggap mampu menguraikan dan membuang racun dalam tubuh.

 

6.Menambah energi

Air kelapa juga bisa kita katakan dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang dapat membuatmu lebih berenergi. Ketika kita seharian bekerja mengkonsumi air kelapa menjadi cara untuk meningkatkan energi kita kembali.

 

7.Menguatkan sistem imun dari penyakit gusi

Kandungan yang ada dalam air kelapa bukan hanya untuk menguatkan sistem imun akan tetapi juga mencegah infeksi saluran pencernaan, tifus. Menurut laporan dalam Innovare Journal of Food Sciences 2018.

Dari hasilnya menyebutkan bahwa kandungan asam laurat dalam air kelapa memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, untuk sistem kekebalan tubuh.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 7 manfaat buah kelapa terutama pada airnya untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: