Harus Cobain! Inilah 7 Street Food Korea yang Enak Abis dan Sering Muncul di Drakor

Harus Cobain! Inilah 7 Street Food Korea yang Enak Abis dan Sering Muncul di Drakor

--

DISWAYJATENG.ID - Harus Cobain! Jangan Lewatkan 7 Street Food Korea yang Enak Abis. Sering Muncul di Drakor, lho! Korea Selatan mempunyai banyak sekali kuliner khas baik berupa makanan ringan maupun berat.

Hal itu membuat adanya street food di Korea Selatan yang populer bagi masyarakat lokal hingga wisatawan. Kamu bisa menemukan makanan tertentu di tepi jalan raya hingga pusat keramaian.

Harganya lebih murah jika dibanding menu makanan yang tersedia di restoran.

Korea Selatan menjadi salah satu tujuan wisatawan asing, termasuk dari Indonesia. Di sana kamu akan disuguhi dengan berbagai objek wisata hingga jajanan khas yang biasa ada di sekitar jalanan.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Korea Selatan yang bisa kamu temui di beberapa sudut kota atau biasa dijual oleh pedagang kaki lima.

1. Tteobokki

Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena memang sering muncul di drama maupun film Korea.

Sebagaimana dalam drama ataupun film, Tteokbokki biasa dijual di tepi jalan kota, pasar tradisional, hingga pusat keramaian atau tempat rekreasi. Jadi, lebih mudah untuk didapatkan serta lebih murah.

Tteokbokki berupa makanan ringan yang terbuat dari bahan baku beras yang diolah sedemikian rupa hingga terasa kenyal. Bentuknya bulat memanjang seperti silinder kecil-kecil yang kemudian disajikan dalam mangkuk serta tambahan beberapa sayur hijau.

Umumnya, kulineran konsumsi ini dikonsumsi bersama saus pedas maupun manis, sehingga lebih nikmat.

2. Odeng

Menariknya makanan ringan ini ada didorong karena banyak sekali ikan laut kecil yang tidak laku. Masyarakat setempat kemudian berinisiatif untuk mengolahnya menjadi kuliner menarik dan enak bernama Odeng. Bahkan akhirnya menjadi favorit kebanyakan orang dan bernilai jual tinggi.

Bentuknya berupa semacam sate, hanya saja bahan dasarnya dari ikan laut yang direbus hingga matang dengan bumbu khusus. Hal itu membuat aroamnya sangat khas dan menggoda calon penikmatnya.

Ditambah lagi adanya varian kuah rasa pedas untuk melengkapi nikmatnya odeng dan pas untuk dikonsumsi saat musim dingin atau malam hari.

3. Kimbab

Kimbab sangat sering muncul di drama maupun film korea, sehingga sudah tak asing lagi bagi banyak orang, khususnya pecinta k-drama dan semacamnya.

Bentuknya hampir sama dengan sushi, makanan khas Jepang yang mendunia. Ukurannya sangat kecil, sehingga hanya cukup satu makanan saja.

Kuliner tersebut terbuat dari nasi khusus yang digulung sedemikian rupa. Namun sebelumnya diberi isian berupa rumput laut, daging, sayur-sayuran, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagian luarnya juga dibalut dengan rumput laut serta dilengkapi dengan taburan wijen yang menggoda.

BACA JUGA:Inilah 10 Idol Korea Yang Punya Kulit Tubuh Putih Bak Salju, Apakah Ada Idolamu?

4. Jjajangmyeon

Istilah street food di Korea semacam Tteokbokki, Jjangmyeon juga sangat familiar bagi pecinta drama maupun film Korea karena memang sering terlihat di dalamnya.

Bentuknya berupa mie hitam yang terbuat dari tepung tertentu serta campuran kedelai hitam, sehingga tampak begitu khas.

Kemudian ditambah dengan sedikit kuah khas yang panas. Hampir semua restoran di Korea Selatan menyediakan menu yang satu ini, namun tak ketinggalan pula pedagang kaki lima di pusat keramaian.

Kamu bisa menikmatinya langsung di tempat maupun membungkusnya seperti halnya popmie yang ada di Indonesia.

5. Sundae

street food di Korea yang satu ini seringkali disebut sebagai sosis darah karena memang penampilannya tampak seperti darah.

Namun, bahan dasarnya berupa usus sapi maupun babi yang dimasak sedemikian rupa yaitu direbus bersama kuah khusus. kemudian diberi isian dari berbagai makanan seperti sayur hingga daging tertentu.

Konon, Sundae sudah ada sejak masa pemerintahan kerajaan Joseon, sehingga bisa dikatakan sebagai kuliner yang sangat tua. Masyarakat lokal sangat menggemarinya karena memiliki cita rasa yang enak.

Bagi kamu yang muslim tidak perlu khawatir karena memang masih banyak jajanan khas lainnya yang dijamin halal dan nikmat

6. Ramyeon

Siapa sih yang nggak tahu makanan populer ini? Apalagi pecinta drakor, pastinya sudah nggak asing lagi. Terutama, buat yang nonton serial drama Hospital Playlist, pasti ingat adegan Jun-wan dan teman-temannya makan ramyeon saat main band. Ramyeon adalah mie kuah ala Korea yang umumnya bercita rasa pedas.

Di Korea Selatan, ramyeon biasanya disantap langsung dari pancinya. Kalau kamu perhatikan, panci untuk memasak ramyeon di drama ataupun di film Korea biasanya sangat khas, yaitu panci yang berwarna kuning emas lengkap dengan tutupnya.

Tutup pancinya pun tidak hanya digunakan untuk menutup saat memasak saja, tetapi juga dijadikan penadah saat menyantap ramyeon.

Jadi, nggak perlu pakai mangkuk lagi supaya piring kotornya nggak semakin banyak. Cocok kan buat kamu yang sering mager? Nah, beberapa ramyeon instan ini sudah banyak dijual di supermarket terdekat, lho!

7. Corndog

Jajanan Korea yang satu ini populer lewat video-video mukbang di Korea Selatan. Corndog merupakan jajanan Korea yang dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan ragi, lalu diisi dengan sosis atau potongan keju mozarella, kemudian dibalut lagi dengan tepung panir dan digoreng sampai garing.

Corndog juga semakin melejit karena serial drama Start-Up, jajanan Korea ini berhasil memiliki banyak penggemar berkat Nam Sosan dan Han Jipyeong.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: