Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

 Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

Sate blengong Tegal--disway

DISWAYJATENG.IDWajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal. Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal. Bila Anda berkunjung ke Kota Tegal, tidak ada salahnya jika anda mencoba salah satu menu makanan yang khas yaitu Sate Blengong. Dan sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dengan bahan utamanya adalah blengong, yaitu dari sejenis unggas hasil persilangan antara bebek dengan itik.

Selain dagingnya, tulang hewan hasil perkawinan silang ini pun dapat menjadikannya sate. Berbeda dengan jenis daging itik, daging blengong mempunyai tekstur daging yang lebih lembut. Dagingnya pula tidak terasa berbau amis seperti daging bebek pada umumnya. Yang khas dari sate blengong ini, yaitu irisan sate yang begitu tipis namun satenya terbuat lebih panjang. Panjang sate blengong bisa mencapai  30 hingga 40 cm. 

Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

Sate ini pula lebih nikmat bila menyajikannya dengan kupat glabed daqn lengkap dengan kuah kuning kemerahan yang terasa gurih. Perpaduan lembut daging blengong ini, kenyalnya kupat dan gurihnya kuah ini bisa memanjakan lidah pada sore hari. Apalagi bila melengkapinya dengan taburan bawang merah goreng, dan kerupuk dari mie yang renyah.

BACA JUGA: Ingin Penyakit Anda Hilang, Mandilah di Wisata Pemandian Air Panas Guci.

Dan bila melihat dari segi bentuknya, sate blengong memang tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Tetapi bila memperhatikannya dari ukurannya, sate blengong lebih panjang. Dan daging olahan yang menjadikannya untuk bahan sate, yaitu dari daging blengong yang merupakan perpaduan bebek dan mentok. 

Sensasi kuliner yang gurih dan nilmat

Kuliner khas satu ini mempunyai cita rasa yang enak, gurih dan nikmat, perpaduan antara daging bebek dan mentok menghasilkan sensasi unik ketika menyantapnya. Tekstur yang menghasilkannya dari sate blengong ini begitu terasa lebih berserat namun tetap lembut. 

Dan umumnya sate blengong khas Tegal ini menikmatinya bersama lontong yang tersiram kuah lalu menambahkannya dengan kerupuk. Untuk Sate daging blengong ini lebih rendah lemak, empuk dan tidak amis. Penyajian pun untuk sate blengong ini lebih nikmat bila mempadukan dengan makanan menggunakan ketupat.

Apabila Anda berjalan-jalan ke setiap sudut Kota Tegal hampir bisa anda temui pastinya terdapat warung yang menjual makanan ini. Dan salah satunya adalah Warung Makan Sate Blengong Mas Diryono terletak pada Jalan Sawo, Asem Tiga, Kecamatan Tegal Barat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Wisata Guci Terbaru, Jangan sampai Terlewatkan

Warung yang bukanya setiap Pukul 15.00 WIB dan berdiri Sejak 1997 itu juga telah mempunyai banyak pelanggan rutin mulai dari pegawai pemerintahan sampai swasta. Diryono sendiri mengaku, bila setiap harinya mampu menghabiskan 15 ekor blengong. Unggas-unggas tersebut mendapatkannya dari sejumlah peternak yang lokasinya tidak jauh dari Kota Tegal seperti Brebes dan Slawi.

Bahan baku Blengongnya Tidak sembarangan

Selain itu dari pemasoknya, blengong yang menjadi bahan utama satenya juga tidak sembarangan. Semua blengongnya merupakan benar-benar hasil dari indukan kawin silang. Ini artinya bukan dari sepasang blengong yang kemudian telah membiakkannya."Blengong yang kita pakai ya harus dari hasil persilangan bebek dan itik, bukan dari sepasang blengong yang telah membiakkannya", katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beritasatu