Nikmatnya Kupat Sate Blengong, Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Mantap!

Nikmatnya Kupat Sate Blengong, Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Mantap!

Kupat sate blengong kuliner khas legendaris yang nikmat dan mantab-Tangkapan layar Agus mutaalimin-

DISWAY JATENG - Kupat sate blengong merupakan salah satu kuliner khas dan legendaris yang lezat dan mantab di Tegal. Sebuah kota yang lokasinya di pesisir laut utara sebelah barat Brebes dan sebelah timur Pemalang Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Walaupun Tegal terkenal dengan warteg dan sate kambingnya, namun ada banyak kuliner khas Tegal yang mempunyai kelezatan luar biasa, dan salah satunya yaitu kupat sate blengong.

Bagi sebagian masyarakat yang bukan berasal dari Tegal, mungkin nama kupat sate blengong terdengar asing di telinga. Kupat Sate Blengong merupakan kuliner khas Kota Tegal. 

BACA JUGA: Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

Tahukah kamu apa itu blengong?

Blengong adalah jenis hewan hasil perkawinan silang antara bebek (jantan) dengan andhog (betina) yang merupakan hasil usaha ternak dari masyarakat Kelurahan Sumurpanggang dan Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana.

Blengong ini lalu diolah menjadi masakan dalam bentuk sate jeroan, daging, tulang (balungan), maupun kulit dengan kuah merah yang pedas.

Blengong yang sudah diolah selanjutnya menjadi pendamping kupat sayur dengan kuah kuning serta bumbu merah dan juga bisa ditambahkan cabe rawit yang dihaluskan di atas layah (sejenis cobek yang terbuat dari kayu untuk membuat sambal) yang kesemuanya itu bisa menambah selera makan kita. 

Kupat Blengong mirip dengan kupat Glabed, yang membedakan karena disajikan dengan sate Blengong. Tetapi, kuliner ini sangat asli dan khas dari Tegal.

BACA JUGA:Wajib Anda Coba! Ini Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau, Gampang Banget

Kupat sate blengong ini menggunakan hasil perkawinan antara bebek dan itik yang menghasilkan unggas baru yang disebut blengong. Kupat blengong biasanya disajikan dengan bumbu kuning yang khas dan kuah yang kental.

Blengong hanya bisa ditemukan di daerah Brebes dan Tegal, sehingga kupat sate blengong ini menjadi hidangan khas yang autentik dari Kota Tegal dan Brebes. Harganya pun terjangkau, sekitar 13.000 rupiah per porsi lengkap dengan kupat dan sate.

Ditambah dengan ketupat yang dipotong dadu dan bawang goreng, hidangan ini dijamin akan membuat Anda kenyang. Kupat blengong menjadi alternatif menu bagi para pecinta kuliner yang kurang menyukai sate kambing muda karena baunya.

Lokasi tempat mangkal kupat sate blengong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: