Wajib Anda Coba! Ini Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau, Gampang Banget

Wajib Anda Coba! Ini Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau, Gampang Banget

Agar sate kambing menjad empuk dan tidak bau anda harus melakukan beberapa langkah cara memasaknya--

DISWAYJATENG – Sate kambing empuk dan tidak bau ternyata tidak terlalu sulit membuatnya. Sate merupakan menu atau sajian kuliner yang sudah sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua orang mengetahui menu favorit ini.

Apalagi jika saat hari raya Idul Adha, menu sate kambing menjadi  andalan hampir semua orang. Daging kambing sebagai daging kurban dapat anda variasikan resepnya sesuai dengan selera anda.

Kebanyakan orang akan mengolah daging tersebut menjadi sate kambing walaupun banyak juga menu olahan yang lain. Daging kambing umumnya lebih alot dan tidak jarang masih bau amis jika anda kurang pandai dalam mengolahnya dengan bak.

Sate kambing sendiri dapat anda padukan dengan bumbu kacang, bumbu kecap, hingga bumbu nusantara lainnya. Namun , yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana caranya agar daging empuk serta tidak berbau.

Merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau, berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan :

Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1.    Pilih posisi atas kambing

Menghasilkan masakan daging kambing yang berkualitas berawal dari pemilihan dagingnya. Posisi daging kambing terbagi menjadi dua, bagian atas lebih rileks dan bagian bawah hewan lebih berotot dank eras untuk anda masak. Maka pilihlah bagian punuk, pantat atas, bahu, ataupun dekat leher atas dari kambing.

2.    Setela anda potong jangan anda cuci

Mencuci daging sebelum anda masak akan menurunkan kualitas daging, membuatnya kaku dan kerut. Untuk menyiasatinya, anda bisa menggantung daging untuk menurunkan darahnya. Atau langsung merebus daging untuk kemudian air kotornya anda ganti dengan air rebusan baru sembari membuat kaldu.

3.    Gunakan teknik pelemas otot daging

Perlu anda ketahui, banyak cara untuk melemaskan otot-otot daging kambing setelah anda potong. Contohnya seperti membungkusnya dengan daun pepaya untuk kemudian anda biarkan cukup lama.

4.    Iris sesuai jalur uratnya

Salah satu trik tradisional yang banyak pedagang sate lakukan ialah mengiris daging sesuai dengan jalur uratnya. Sehingga lapisan daging akan terasa empuk dan rapi penumpukkan laipsannya.

5.    Buang lemak

Tahukah anda bahwa bau tidak sedap atau prengus pada daging kambing nyatanya berasal dari lapisan lemak yang menempel. Lantas untuk menghilangkannya, anda bisa membuang bagian lemak pada daging kambing yang akan andaolah.

6.    Taburi garam

Setelah anda bersihkan, taburi dengan garam. Hal ini tidak hanya menambah rasa pada daging tapi juga menghilangkan aroma tak sedap pada daging. Agar garam terserap sempurna, diamkan beberapa saat.

7.    Rebus rempah

Seperti yang kita ketahui, rempah-rempah memiliki aroma tajam dan juga khas yang mampu mengatasi aroma tak sedap pada kambing. Jad, melumuri daging kambing degan rempah-rempa bisa jadi cara yag efektif untuk menghilangkan baunya.

Resep Sate Kambing Bumbu Sederhana

Bahan-bahan:

1.    500 gram daging kambing

2.    1 sendok teh ketumbar

3.    2 butir kemiri

4.    6 siung bawang putih

5.    6 siung bawang merah

6.    1 ruas jahe

7.    Kecap secukupnya

8.    Garam secukupnya

9.    Paruta nanas

10. Perasan lemon

11. Daun jeruk

Cara membuatnya:

1.    Siapkan air rendaman untuk daging kambing, terdiri paruta nanas, perasan lemon dan daun jeruk.

2.    Rendam daging kambing selama 2- 30 menit untuk menghilangkan bau.

3.    Potong dadu daging yang sudah anda rendam tadi.

4.    Tusukkan daging ke tusuk sate yang sudah anda siapkan

5.    Haluskan semua bumbu, yakni bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan ketumbar

6.    Siram sate dengan bumbu, diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap

7.    Sate siap untuk anda bakar

8.    Saat daging sudah setengah matang, olesi kembali dengan bumbu

9.    Ketika hampir matang, olesi lagi dengan kecap dan bakar hingga matang dan dagingnya empuk

10. Sate sudah siap anda sajikan

BACA JUGA:Perlu Anda Tahu Ini 7 Penawar Setelah Makan Daging Kambing, Selamat Tinggal Kolesterol

Itulah beberapa cara membuat sate kambing supaya empuk dan tidak bau, anda dapat mencoba resepnya sendiri. Selamat mencoba. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: