Daging Empuk dan Lembut Seperti Tahu, Campur dengan Bahan Ini dijamin!

Daging Empuk dan Lembut Seperti Tahu, Campur dengan Bahan Ini dijamin!

Ada beberapa cara memasak daging agar lebih cepat empuk dan lembut--

DISWAYJATENG – Daging empuk serta lembut seperti tahu merupakan harapan bagi siapa saja yang memasak daging. Daging merupakan bahan pangan yang banyak orang gemar.

Meski orang juga mengitkan dengan beragam penyakit namun kenikmatan daging ini tidak dapat kita tolak. Daging ayam, sapi, kambing serta daging lainnya menjadi lezat kita olah menjadi berbagai cita rasa.

 Daging merah seperti sapi, kerbau, maupun kambing biasanya jadi bahan favorit untuk anda olah ketika momen berkumpul bersama keluarga. Mengingat daging merah umumnya membutuhkan waktu yang cukup mlama untuk jadi empuk saat anda masak.

Karena waktu yang lama dalam proses memasak inilah yang akhirnya menggunakan gas yang lebih banyak pula. Sehingga dari segi pengeluaran juga akan menjadikan semakin boros dalam pengeluaran untuk gas.

Adapun permasalahan yang sering terjadi dalam daging ini adalah proses memasak bahan ini. Daging terkenal memiliki tekstur yang alot hingga perlu proses memasak yang benar agar hasilnya empuk.

Meski sebenarnya ada alat seperti presto yang bisa mengempukkan daging, tidak semua orang bisa memilikinya. Sehingga beberapa orang menggunakan cara lain sepert memasak dalam waktu yang lama, walaupun cara ini tentu akan menyebabkan boros gas.

Sekarang anda tidak perlu khawatir, ada cara yang lebih mudah yang bisa anda pakai untuk mengempukkan daging. Cara tersebut yakni dengan jeruk nipis.  

Cara Memasak Daging Agar Empuk

1. Cuka dan Air Jeruk Nipis

Menurut ahli Gizi Dr. dr. Tan Shot Yen menyampaikan bahwa memasak daging dengan suhu air mendidih membuat daging a lot dan kehilangan “jus”nya.

Sedangkan memasak daging dengan suhu konstan sesuai rekomendasi ahli membutuhkan waktu yang cukup lama hingga empuk. Dia memberikan gambaran merebus daging 2,5 kilogram dengan suhu konstan 63-64 derajat celcius membutuhkan 4 jam agar empuk.

Supaya daging empuk sampai ke dalam dan tidak memakan waktu yang lama.  Dia menyarankan sebelum memasukkan daging saat air mendidih, tambahkan cuka atau perasan jeruk nipis.

Menurut Tan, cuka dan air jeruk nipis merupakan bahan alami untuk membuat daging empuk.serat dan kolagen pada otot daging dapat hancur dengan asam.

Dengan demikian kelembaban air yang bikin daging empuk tetap terjaga.

2. Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: