6 Cara Mudah Menghentikan HP Disadap Jarak Jauh, Berikut Cara Mengetahui Penyadapan

Sabtu 27-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Cara menghentikan HP disadap jarak jauh selanjutnya yaitu dengan mengubah kata sandi dari semua akun aplikasi yang terhubung dengan HP.

5. Kunjungi Service Center

Cara berikutnya yaitu mempertimbangkan membawa HP milikmu ke service center terdekat. Jika benar HP disadap oleh hacker, pihak service center akan langsung mengecek dan membersihkan aplikasi-aplikasi jahat yang ada di HP.

6. Pertimbangkan untuk Memasang Anti Virus di HP

Cara ini dengan memasang antivirus di HP. Aplikasi antivirus yang terpasang di HP dapat kalian gunakan untuk melakukan scanning file dan aplikasi yang sekiranya berbahaya untuk segera dibersihkan atau dihapus.

Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh

BACA JUGA:Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol

1. Banyak Aplikasi Tidak Jelas

Cara mengenali HP disadap yaitu banyak bermunculan aplikasi yang tidak jelas di HP. Di mana, aplikasi tersebut tidak diunduh sebelumnya dan jika kalian membuka aplikasi tersebut. Mereka akan meminta akses untuk mengakses file-file yang ada di HP milikmu dan bisa mencuri data pribadimu.

2. Baterai Cepat Habis

Jika kalian pernah mengalami tiba-tiba baterai HP cepat habis namun kalian tidak menggunakan untuk banyak hal, ini merupakan pertanda atau ciri-ciri bahwa HP milikmu disadap. Hacker yang menyadap HP milikmu menggunakan banyak aplikasi sehingga bisa membuat baterai HP cepat habis.

3. Data Seluler Cepat Habis

Jika kalian merasa data selulermu akhir-akhir ini cepat habis dan tidak seperti penggunaan biasanya, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa HP milikmu disadap. Karena hacker menggunakan banyak data seluler untuk membuka berbagai aplikasi yang tidak kalian ketahui.

4. Adanya SMS dan Panggilan Telepon Tak Dikenal

Kalian bisa mengenali adanya indikasi bahwa HP milikmu disadap dari SMS dan panggilan telepon tak dikenal. Ini merupakan salah satu cara mengetahui HP disadap atau tidak.

BACA JUGA:Kenali 7 Ciri HP Disadap oleh Aplikasi Pinjaman Online, Harap Tetap Waspada

Kategori :