Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol

Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol

cara mengatasi hp disadap pinjol --foto khazminang

DISWAY JATENG - Berikut ada 5 cara mengatasi HP disadap pinjol yang bisa kalian lakukan agar tidak ada penyebaran data dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, supaya terhindar dari hal buruk yang akan merugikan. 

Baru-baru ini ada banyak aplikasi pinjol legal yang sudah terdaftar dan terpantau di OJK yang terjamin keamanannya. Bahkan lebih parahnya lagi, ada pinjol yang meminta akses media sosial, internet banking, hingga e-commerce para nasabahnya. Maka dari itu, perlu hati-hati dalam menggunakan dan menyebarkan informasi data diri, untuk itu cara mengatasi HP disadap pinjol perlu kalian ketahui agar tidak diteror secara terus menerus.

Tanpa disadari setiap kali menginstal suatu aplikasi, maka akan ada permintaan untuk mengakses kontak di dalam smartphone, hal ini sama seperti yang dilakukan aplikasi pinjol untuk menyadap ponsel pintarmu. Biasanya aplikasi pinjol akan meminta izin untuk mengakses nomor kontak, lokasi, jaringan internet, sms, serta telpon. Karena itu, cara mengatasi HP disadap pinjol menjadi solusi tepat. 

Pasalnya dampak dari penyadapan HP (Handphone) terbaru ini bakan menjadi ancaman berupa penyebaran informasi data pribadi nasabah, dan biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal yang belum resmi OJK, sehingga perlu ketahui cara mengatasi HP disadap pinjol agar data tetap aman dan terjaga. 

BACA JUGA:Ciri-Ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal, Cek HP Kamu Sekarang!

Jangan lari dari tanggung jawab dalam meminjam uang tanpa mengembalikan. Karena hal tersebut merupakan tindakan yang menyalahi aturan dan melanggar hukum. Jadi pastikan sudah melunasi semua utang beserta beban bunganya. 

 

1. Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan

Cara mengatasi HP disadap pinjol yaitu dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan. Aplikasi yang mencurigakan dapat memudahkan penyadapan HP. Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas dan pastikan untuk membaca ulasan dan rating sebelum mengunduh aplikasi.

Jika kalian  menduga ada aplikasi yang mencurigakan di smartphone, segera hapus aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi antivirus bisa membantu mendeteksi dan menghapus aplikasi yang tidak aman dari HP. Pastikan untuk memperbarui aplikasi antivirus secara teratur agar ponsel kalian tetap aman dari ancaman keamanan.

BACA JUGA:5 Cara Efektif Hapus Sadap Data dari Pinjaman Online yang Aman

2. Mengaktifkan Fitur Keamanan di HP

HP memiliki fitur keamanan bawaan yang bisa membantu melindungi data kalian. Fitur-fitur seperti sidik jari, pemindai wajah, dan kunci layar dapat mempersulit akses ke smartphone kalian.

Aktifkan fitur-fitur tersebut agar smartphone lebih aman dari ancaman keamanan. Selain itu, jangan lupa untuk mengunci smartphone setiap kali tidak digunakan. Dengan begitu, orang lain tidak bisa mengakses data pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: