Kenali 7 Ciri HP Disadap oleh Aplikasi Pinjaman Online, Harap Tetap Waspada

Kenali 7 Ciri HP Disadap oleh Aplikasi Pinjaman Online, Harap Tetap Waspada

ciri hp disadap oleh aplikasi pinjol --foto harian singgalang

DISWAY JATENG - Semakin canggihnya teknologi, risiko penyadapan pada perangkat pribadi seperti smartphone semakin meningkat. Berikut 7 ciri-ciri HP disadap oleh aplikasi pinjaman online atau pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Ciri HP disadap oleh aplikasi pinjol atau pinjaman online perlu diketahui dan penting untuk dicari solusinya. Pasalnya, tidak sedikit nasabah pinjaman online yang mengalami ponsel pintarnya diretas oleh Debt Collector (DC) pinjaman online jika terjadi galbay atau macet bayar. 

Pada artikel kali ini, Disway Jateng telah merangkum dari berbagai sumber mengenai ciri HP disadap oleh aplikasi pinjol atau pinjaman online dengan diharapkan nasabah lebih waspada apabila mendapatkan teror yang dikarenakan galbay alias gagal bayar. 

Lantas, apa saja ciri HP disadap oleh aplikasi pinjol atau pinjaman online? Berikut penjelasan lengkapnya. 

BACA JUGA:Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol 

BACA JUGA:6 Tips Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Tetap Terjaga

 

1. Cek Email dan Akun Media Sosial

Penyadapan seringkali dimulai melalui tautan atau pesan yang mencurigakan di email atau pesan di akun media sosial. Maka periksa apakah ada kiriman yang mencurigakan atau tautan yang sebaiknya dihindari.

Dengan waspada terhadap tanda-tanda ini, kalian bisa melindungi privasi dan keamanan data di HP kalian dari potensi penyadapan oleh aplikasi pinjaman online, atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Panggilan dan SMS Tidak Dikenal

Ciri HP disadap oleh aplikasi pinjaman online atau pinjol berikutnya yaitu dengan adanya panggilan dan SMS yang tidak dikenal. Jika tiba-tiba muncul panggilan atau SMS yang tidak dikenal atau bahkan kalian diklaim mengirimkan pesan padahal tidak, ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat kalian telah diakses oleh pihak yang tidak sah.

3. Daya Baterai Cepat Habis

Jika baterai HP kalian tiba-tiba cepat habis meskipun tidak digunakan secara intensif, bisa jadi ada aplikasi penyadap yang sedang beroperasi di latar belakang, mengakibatkan beban kerja HP menjadi lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: