6 Cara Melunasi Utang agar Tidak Didatangi DC Lapangan Pinjol ke Rumah

Selasa 20-02-2024,12:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

4. Minta permohonan keringanan

Apabila merasa kesulitan untuk membayar utang dikarenakan bunga tinggi dan lainnya, Anda bisa ajukan keringanan. Debitur bisa mencoba untuk meminta keringanan pembayaran utang mulai dari bunga atau biaya lainnya.

5. Konsolidasi utang

Cara melunasi utang supaya tidak didatangi DC lapangan pinjol ke rumah berikutnya yaitu konsolidasi pelunasan. Ini menggabungkan beberapa utang menjadi satu dengan suku bunga yang lebih rendah, yang dapat membantu mengurangi beban pembayaran.

6. Cek status perusahaan pinjol

Apabila Anda sedang butuh uang, jangan sampai terburu-buru mengajukan pinjaman di platfrom pinjol. Pastikan menggunakan pinjaman online legal dan jangan sampai gunakan platfrom ilegal.

BACA JUGA:25 Daftar Pinjol Legal Tanpa DC Lapangan Terdaftar OJK Terbaru 2024

Apabila perusahaan pinjamn online yang digunakan legal maka nasabah perlu melunasi utang. Sedangkan, jika sudah terlanjur menggunakan platfrom ilegal, maka nasabah tidak perlu bayar sedikitpun.

Pinjol ilegal tidak ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karen itu pelunasan utang tidak perlu dibayar. Jika debt collector pinjol ilegal menagih dan melakukan kekerasan, debitur bisa melaporkannya ke pihak berwajib.

Seperti diketahui, pinjol ilegal beroperasi tanpa mengikuti aturan yang sebagaimana mestinya yang sudah ditentukan oleh OJK, mulai dari minimal suku bunga, kejelasan identitas perusahaan, cara penagihan, dan lain sebagainya.

Demikian informasi seputar cara melunasi utang pinjaman supaya tidak didatangi DC lapangan pinjol ke rumah. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :