Taman Hutan Raya Juanda Bandung: Ini Dia Tempat Wisata Alam Terbuka yang Menyajikan Keindahan

Kamis 13-07-2023,11:59 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

 

DISWAYJATENG.ID – Taman Hutan Raya Juanda dikenal juga dengan nama Tahura Juanda atau cukup dengan singkatan THR Juanda. Letak hutan konservasi ini dekat sekali dengan pusat kota Bandung dan cukup naik ke arah dago pakar dan akan ketemu langsung dengan gerbangnya.

 

Taman Hutan Raya Juanda bisa jadi salah satu tujuan wisata kalian jika berlibur ke Bandung, terutama bagi kalian yang memang penyuka wisata alam di Bandung. Tahura Juanda salah satu hutan raya yang menjadi kawasan konservasi alam.

 

Awalnya luas hutan raya ini hanya 10 ha saha tapi sekarang sudah mencapai luas 590 ha dan membentang dari Dago Pakar sampai ke kawasan Maribaya Lembang. Hutan raya ini dinamai dengan nama salah satu pahlawan negara kita yakni Ir. H Djuanda.

 

Ir. H Juanda merupakan Perdana Menteri terakhir era demokrasi parlementer. Beliau berjasa besar dalam deklarasi Djuanda   pada 13 Desember 1957, dan isi dari deklarasi tersebut yakni pernyataan bahwa semua pulau dan laut nusantara adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

 

Berikut daya tarik tempat wisata ini, antara lain:

 

1.   Goa Belanda

 

Tempat ini dibangun pada 1918 dan Goa Belanda ini diperkirakan dipergunakan sebagai markas militer, penjara, gudang penyimpanan senjata dan pusat komunikasi serta juga PLTA.

 

Goa Belanda memiliki fasilitas yang cukup bagus dan lengkap sepintas lebih modern dibanding dengan goa jepang.

Kategori :