4 Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha untuk UMKM dan UKM

4 Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha untuk UMKM dan UKM

tips mendapatkan pinjaman modal usaha untuk umkm & ukm--foto moladin

BACA JUGA:Kenali Kelebihan Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan di Pinjol, Berikut Cara Kerjanya

Rekomendasi Jenis Pinjaman Modal Usaha 

1. Pinjaman Koperasi

Koperasi menyediakan jasa untuk memberikan pinjaman modal lewat koperasi simpan pinjam. Caranya mudah, tinggal bergabung menjadi anggota koperasi, mengikuti aturan koperasi. Bunga koperasi juga rendah jadi gak perlu terlalu khawatir untuk melunasi pinjaman. 

Biasanya, untuk mengajukan pinjaman membutuhkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, formulir pengajuan pinjaman, fotokopi PBB atau rekening listrik.

2. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending atau P2P lending menggunakan teknologi biasanya lewat suatu platform yang sudah disediakan oleh sebuah perusahaan.

P2P lending bekerja dengan mempertemukan para pemilik modal dan debitor. Nantinya, pemilik modal bisa memilih usaha mana yang ia ingin modalkan. Sehingga, para debitor atau para penggiat usaha ini bisa memiliki modal untuk memperkuat usahanya. Dan jangan lupa pastikan pilih perusahaan yang legal.

3. Kredit Multiguna

Jika ingin mengajukan modal yang bisa dibilang cukup besar, maka bisa menggunakan kredit multiguna. Tapi, harus memberikan jaminan berupa aset atau harta milik kalian. Aset bisa berupa sertifikat rumah, surat kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Nantinya, berdasarkan value dari jaminan yang diberikan, bank akan memberikan jumlah pinjamannya. Akibat jumlah pinjaman yang cukup besar, biasanya jatuh tempo pinjaman juga lama, dengan maksimum jatuh tempo yaitu 10 tahun. But, don’t worry, kalau kalian bisa membayar lebih cepat juga gak apa-apa, kok! Bunga yang diberikan biasanya berkisar antara 10 hingga 15%. Tapi, bisa saja dibawah 10%.

BACA JUGA:Ketahui 6 Jenis Pinjaman Modal Usaha Pasti Cair, Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM

4. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja yaitu pinjaman alternatif yang ditawarkan oleh bank buat orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat akan tetapi terhalang oleh modal.

5. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: