Adakan Peringatan Hari Koperasi di Halaman Trasa Kabupaten Tegal

Adakan Peringatan Hari Koperasi di Halaman Trasa Kabupaten Tegal

BANSOS - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan memberikan bantuan sosial di puncak peringatan Hari Koperasi ke-77.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWIPeringatan Hari Koperasi ke-77 dilakukan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan  Kabupaten Tegal di halaman Taman Rakyat Slawi Ayu, Minggu (20/7). Beragam kegiatan dilakukan, dari senam sehat, tasyakuran, penyerahan bantuan sosial,  piagam penghargaan Koperasi kepada 102 Koperasi yang tepat menggelar RAT. Talk show tumbuh dan kuat bersama Koperasi serta ditutup dengan pembagian hadiah hiburan.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal Iman Rudy Kurnianto menyatakan, selama kegiatan berlangsung, turut digelar bazar koperasi  dan UMKM. 

"Selama tahun 2024, kegiatan untuk menumbuhkan koperasi yang ada di Kabupaten Tegal sempat kami lakukan melalui pelatihan digitalisasi koperasi dan jaringan usaha koperasi bagi wirausaha pemuda," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Kembali Fasilitasi Penyaluran Bantuan Atensi Sentra Terpadu Kartini

Sementara program yang dijalakankan, diantaranya digitalisasi koperasi melalui aplikasi www.pikat.id, rumah kemasan, inkubator koperasi, uji kelayakan dan kepatuhan pengurus dan pengawas koperasi hingga self declare konfiormasi melalui SE nomor 3/tahun 2024. Untuk prioritas pemberdayaan koperasi, dilakukan melalui kelembagaan, sumber daya manusia, produksi, permodalan, dan pemasaran.

BACA JUGA:Ponpes Tahfidh Yanbu'ul Quran 5 Bumiharja Kabupaten Tegal Terbakar, Damkar Langsung Bergerak

Menurutnya, koperasi berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk menyejahterakan anggota koperasi menyelenggarakan berbagai usaha, serta layanan sesuai kebutuhan anggota. Ibarat kendaraan, koperasi ini seperti bus yang mengangkut banyak orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu kekuatan koperasi dengan cara menyatukan kepentingan anggota untuk melakukan pengadaan, produksi, pengolahan atau pemasaran bersama.

Saat ini, pemerintah fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Studi Komparasi ke Jombang

Hingga saat ini, Kabupaten Tegal memiliki 643 koperasi, terdiri dari 292 koperasi aktif dan 293 koperasi tidak aktif 149 serta 201 Koperasi yang sudah dibubarkan. Sebagian besar koperasi di Kabupaten Tegal bergerak di bidang usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah. 

"Selain simpan pinjam usaha yang digeluti gerakan koperasi, diantaranya unit pertokoan, jasa sewa gedung, kendaraan, unit produksi dan sebagainya," terangnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: