Auto Lunas! Begini Cara Bebas dari Utang Pinjol yang Menumpuk

Auto Lunas! Begini Cara Bebas dari Utang Pinjol yang Menumpuk

Auto Lunas! Begini Cara Bebas dari Utang Pinjol yang Menumpuk-pinterest-

DISWAY JATENG - Tren penggunaan pinjol sudah bayak terjadi dikalangan masyarakat dari anak muda sampai orang tua. Hal ini memunculkan masalah baru, karena hanya sebagian dari penggunanya yang dapat melunasi utang pinjol. Lantas, bagaimana cara bebas dari utang pinjol?

Dikutip dari chanel Youtube Andre Tuwan, ada beberapa cara bebas dari utang pinjol yang bisa kamu terapkan. Salah satunya, jangan menggunakan pinjol untuk melunasi utang pinjol sebelumnya, karena hal ini hanya akan memperburuk masalah dan menyebabkan utang makin menumpuk. 

Dengan mengikuti cara bebas dari utang pinjol ini, hidup kamu bisa lebih tenang dan nyaman. Walau banyak yang galbay (gagal bayar), pengguna pinjol di Indonesia kian meningkat. Di Maret 2024 ada lebih dari 9,8 juta pengguna dengan total utang 22,7 triliun.

BACA JUGA:4 Cara Efektif Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi

Mengutang bukan hal yang salah, asal digunakan dengan bijak. Sebab jika sudah terlanjur galbay terdapat banyak risiko yang menanti. Ancaman penagih, bunga membengkak, dan denda yang tinggi, merupakan sebagian dari risikonya. Untuk itu, kamu harus tahu cara bebas dari utang pinjol.

Resiko terbesar lainnya saat kamu galbay adalah tidak bisa mengakses ke permodalan utang lainnya. Seperti kredit modal usaha dan KPR, bahkan menjadi penyebab kamu gagal diterima kerja, karena setiap transaksi pinjaman tercatat di BI Checking atau SLIK OJK.

Lakukan empat pertimbangan ini sebelum kamu memutuskan untuk mengambil pinjaman online.

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Membedakan antara kebutuhan pokok dan kebutuhan tersier. Sebaiknya gunakan pinjaman untuk kebutahan yang benar-benar mendesak, bukan kebutuhan untuk gaya hidup semata.

2. Siapkan anggaran terpisah untuk bayar utang

Hitung jumlah gaji kamu dan utang yang ingin kamu pinjam. Jangan sampai cicilan yang kamu bayarkan melebihi 35% dari total gaji kamu per bulannya.

3. Pahami kontrak pinjol sebelum mengajukan pinjaman

Pastikan kamu sudah membaca dan memahami kontrak pinjol sebelum mencairkan pinjaman. Gunakan pinjol resmi yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Pastikan kamu mengetahui tentang limit kredit, bunga pinjaman, tanggal jatuh tempo, biaya admin, denda, dan ketentuan lainnya.

Pelajari dahulu hal tersebut, jika bingung kamu dapat menanyakan ke customer service atau teman yang lebih paham tentang pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: