4 Cara Efektif Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi

4 Cara Efektif Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi

cara mengatasi pinjol sebar data pribadi --foto poskota

DISWAY JATENG - Apabila saat ini terjadi galbay atau macet bayar maka pihak debt collector (DC) akan meneror melalui pesan SMS, lewat telepon, dan bisa saja menyebarkan data. Karena itu, harus mengetahui cara mengatasi pinjol sebar data pribadi. 

Penting ketahui, modus teror pinjaman online seringkali melakukan berbagai cara seperti sebar data, kunjungan ke rumah, ancaman dan tindakan intimidasi. Bagi kalian yang mengalami kejadian tersebut, sebaiknya ketahui cara mengatasi pinjol sebar data pribadi agar data tetap aman.

Dengan mengetahui cara mengatasi pinjol sebar data pribadi dapat mambantu kalian untuk menghindari berbagai risiko yang merugikan. Dan menjadi solusi efektif yang dapat kalian lakukan agar data kalian tetap terjaga dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Lantas, apa saja cara mengatasi pinjol sebar data pribadi? Dibawah ini ada beberapa langkah cerdas yang bisa kalian coba untuk menghindari berbagai kerugian. 

BACA JUGA:Segera Amankan Data Diri Anda, Begini 7 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Dijamin Ampuh

Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi 

Berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa kalian terapkan untuk melindungi data diri kalian dari oknum yang tidak bertanggung jawab, sebagai berikut: 

1. Buat Kesepakatan dengan Pihak Pinjaman Online

Cara mengatasi pinjol sebar data pribadi yaitu membuat kesepakatan di awal. Tips ini berlaku jika kalian akan meminjam uang, pertimbangkan untuk membuat kesepakatan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat penagihan utang pinjaman.

2. Minta Bantuan Lembaga Hukum

Cara mengatasi pinjol sebar data pribadi berikutnya yaitu dengan meminta bantuan pada lembaga hukum, misalnya LBH Jakarta.

Dengan meminta pertolongan pada lembaga bantuan hukum, maka kalian dapat mengajukan gugatan perihal penyebaran data pribadi oleh pihak pinjaman online, mengajukan permohonan penghapusan informasi elektronik / dokumen elektronik, dan membuat laporan pidana ke kepolisian.

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol yang Berani Sebar Data agar Tidak Disalahgunakan

Jika kalian sudah membawa urusan sebar data pribadi dan nomor telepon ini ke pihak berwajib, seperti kepolisian atau pengadilan, maka pastikan kalian mendapat pendampingan dari orang atau lembaga yang mengerti hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: