Pj Wali Kota Tegal: Gus Dur Sosok yang Menghargai Perbedaan

Pj Wali Kota Tegal: Gus Dur Sosok yang Menghargai Perbedaan

MENGHADIRI - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menghadiri tahlil akbar dan stighotsah.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menghadiri tahlil akbar dan istighotsah haul ke-15 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) MWC NU Tegal Barat. Pedagang ikan, nelayan dan masyarakat Kota Tegal di Ponpes Asrama Pendidikan Islam (API) Muarareja Kota Tegal.

Ketua Penyelenggara. Susanto Agus Priyono mengucapakan terima kasih kepada para panitia dengan kegotongroyongannya acara tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Mohon maaf bila ada kekurangan, tahlil akbar dan istighotsah setiap tahunnya menjadi tradisi, kemudian yang ditanamkan Gus Dur adalah  keberagaman tentang toleransi. 

BACA JUGA:Peringati SBH, Puskesmas Kupu Kabupaten Tegal Adakan Donor Darah dan Bagikan Sembako

"Gus Dur merupakan manusia bersejarah, meskipun tidak ada di tengah-tengah kita, pelajaran hidup Gus Dur ada di sekitar kita untuk digali," ujar Susanto.

Rois Syuriya PCNU Kota Tegal KH Misbahul Musthofaz menyampaikan bahwa sosok Gus Dur adalah sosok yang komplit.

"Bila kita mengerti sepak terjang Gus Dur beliau sosok yang komplit, kyai, budayawaan, sejarawan. Komplit tentang kemanusiaan, mampu memanusiakan manusia, ini pelajaran penting,"ujarnya.

Penjabat Wali Kota Kota Tegal Dadang Somantri menyampaikan bahwa dirinya berkumpul bersama untuk mengenang dan mendo'akan salah satu tokoh besar bangsa yakni, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur. 

BACA JUGA:Ambil Bagian di Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Jawa Tengah

"Sosok beliau bukan hanya dikenal sebagai presiden keempat Republik Indonesia, tetapi juga sebagai ulama, cendekiawan, pejuang hak asasi manusia, dan pluralis yang luar biasa. Gus Dur adalah sosok yang penuh dengan keberanian, ketulusan, dan keikhlasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan," ujar Dadang Somantri.

Dadang juga mengutarakan bahwa Gus Dur sosok yang mengajarkan untuk selalu menghargai perbedaan, memperjuangkan keadilan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. 

BACA JUGA:Disperintransnaker Fasilitasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri

"Pemikiran dan perjuangan Gus Dur telah memberikan inspirasi bagi banyak orang, dan warisannya akan terus hidup dalam hati kita semua. Mari kita merenungkan kembali ajaran-ajaran beliau, mengingat nilai-nilai luhur yang telah beliau tanamkan, serta mendoakan agar arwah beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," tambah Dadang.

Sementara itu, KH Mustofa Bisri atau biasa dikenal Gus Mus mengutarakan kedekatannya dan pengalamannya menjadi sahabat Gus Dur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: