Disperintransnaker Fasilitasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri

Disperintransnaker Fasilitasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri

SERIUS - Kegiatan fasilitasi TKDN yang dipandegani Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kegiatan  fasilitasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dilakukan Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal. Yang  bertujuan untuk mendorong penggunaan produk dan jasa lokal Dalam berbagai sektor industri di Indonesia. 

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro melalui Sekretaris Dinas, Sutoyo menyatakan, kegiatan ini biasanya meliputi beberapa langkah penting.  Diantaranya sosialisasi dan edukasi melalui seminar, workshop dan pelatihan.

"Untuk memperkenalkan konsep TKDN kepada pelaku industri, pemerintah daerah, dan masyarakat umum," ujarnya, Rabu (17/7/2024).

BACA JUGA:Ambil Bagian di Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Jawa Tengah

Tujuan dari kegiatan ini agar semua pihak memahami pentingnya TKDN dan cara menghitungnya. Upaya pendampingan dan konsultasi diberikan  guna memberikan pendampingan teknis kepada perusahaan dalam menghitung TKDN pada produk atau jasa mereka. Termasuk membantu dalam proses dokumentasi dan pelaporan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan TKDN.

Menurutnya, kegiatan ini juga membantu perusahaan dalam mendapatkan  sertifikasi TKDN melalui lembaga sertifikasi yang diakui. 

BACA JUGA:4 Mahasiswa Hatyai University Thailand Sit In Program di UPS Tegal

"Proses ini melibatkan audit dan verifikasi komponen lokal dalam produk atau jasa yang dihasilkan," ungkapnya. 

Untuk kegiatan fasilitasi TKDN di  Kabupaten Tegal berjumlah 130 sertipikat. Dengan pendamping dari UPS Tegal  dan Balai Besar Logam Mesin ( BBLM) Kementerian Perindustrian Bandung. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: