Peringati SBH, Puskesmas Kupu Kabupaten Tegal Adakan Donor Darah dan Bagikan Sembako

Peringati SBH, Puskesmas Kupu Kabupaten Tegal Adakan Donor Darah dan Bagikan Sembako

HARI JADI SBH - Puskesmas Kupu Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal saat mengadakan donor darah dan baksos dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 39 SBH, Rabu (17/7/2024).Foto: Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Puskesmas Kupu Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal mengadakan donor darah dan bakti sosial (baksos), Rabu (17/7/2024).

Kegiatan ini untuk memperingati Hari Jadi ke 39 Satuan Karya Bakti Husada (SBH). Donor darah dan baksos dipusatkan di lingkungan Puskesmas setempat dengan mengusung tema Saka Bakti Husada Membangun Kesehatan Generasi Emas Indonesia.

Pamong SBH Ranting Puskesmas Kupu Ningrum Pangestu mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan.

BACA JUGA:Banyak Emak-emak Komplain PPDB, Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal Bilang Begini

"Kami memang sudah mengagendakan acara ini bersama anggota Pramuka Saka Bakti Husada," kata Ningrum.

Dia menuturkan, target donor darah ini sebanyak 80 orang. Namun yang melakukan skrining hanya 69 orang. Sedangkan yang lolos skrining hanya 47 orang.

"Yang tidak lolos skrining sebagian karena tekanan darahnya tinggi," ucapnya.

Sementara untuk baksos, lanjut Ningrum, Puskesmas Kupu membagikan sembako sebanyak 80 bingkisan. 

BACA JUGA:Bangunan SD Negeri di Kabupaten Tegal Banyak yang Rusak, Tapi Sulit Diperbaiki

"Bingkisan kami berikan kepada masyarakat desa di wilayah kerja Puskesmas Kupu dengan masing-masing desa mengirimkan perwakilan 10 orang," kata Ningrum Pangestu.

Kepala Puskesmas Kupu dr Ulinuha membenarkan kegiatan tersebut memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Tujuannya agar anggota Pramuka Saka Bhakti Husada di Ranting Puskesmas Kupu bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

"SBH merupakan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Pramuka dan masyarakat di lingkungannya," tukasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: