7 Cara Mengetahui Hp yang Disadap dan Solusinya

7 Cara Mengetahui Hp yang Disadap dan Solusinya

cara mengetahui hp disadap dan cara mengatasinya --foto hosteko.com

DISWAY JATENG - Pengguna ponsel (hp) perlu mewaspadai risiko penyadapan yang kini banyak terjadi. Pengguna bisa mempelajari cara mengetahui HP disadap.

Di era yang serba digital ini, tidak heran apabila seseorang menyimpan uang elektrik dan dukumen penting di HP, sebab mudah untuk dibawa kemana pun. Namun, saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyadap HP seseorang demi keuntungan pribadi. Karena itu, cara mengetahui HP disadap merupakan solusi efektif. 

Soalnya, penyadapan kadang tidak disadari, tetapi bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Padahal, ketika HP disadap risikonya besar. Mulai dari data pribadi yang dicuri, dijual di pasar gelap, hingga disalahgunakan untuk menguras harta melalui transaksi keuangan digital yang tersambung di hp. Maka dari itu, penting untuk mempelajari cara mengetahui HP disadap jarak jauh. Begitu juga dengan tanda kamera HP disadap, sebab penyadapan bisa melalui fitur kamera.

Cara mengetahui HP disadap dengan jarak jauh bisa dengan melakukan beberapa langkah efektif berikut ini yang bisa kalian coba dan terapkan agar data tetap terlindungi. 

BACA JUGA:Kenali 8 Ciri-ciri HP Disadap Pinjol agar Tidak Disalahgunakan, Berikut Cara Cek Keamanan USSD

Cara Mengetahui Hp Disadap

Berikut cara mengetahui HP tengah disadap atau tidak seperti dikutip dari Life Wire

1. Cek Email Hingga Akun Media Sosial

Salah satu penyebab HP disadap biasanya karena kalian membuka tautan dari email dan ruang pesan di akun media sosial. Ketika dibuka, ternyata itu merupakan sambungan otomatis untuk menginstal aplikasi penyadap.

Maka dari itu, coba cek email dan pesan di akun media sosial kalian apakah pernah mendapat kiriman pesan atau tautan mencurigakan dari orang lain atau tidak.

2. Ada Panggilan dan SMS Tidak Dikenal

Cara mengetahui HP disadap berikutnya yaitu muncul panggilan dan SMS tidak dikenal yang kalian kirimkan kepada orang lain. Padahal, kalian tidak mengirimkannya.

Kalian juga patut curiga jika tiba-tiba menerima panggilan dan SMS dari orang tidak dikenal, tapi seperti balasan atas pesan yang dikirimkan dari HP kalian. 

3. Daya Baterai Cepat Habis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: