7 Cara Mengetahui Hp yang Disadap dan Solusinya

7 Cara Mengetahui Hp yang Disadap dan Solusinya

cara mengetahui hp disadap dan cara mengatasinya --foto hosteko.com

1. Reset ke Mode Pabrik

Reset ke mode pabrik alias factory reset agar oknum penyadap tidak bisa mendapatkan informasi apapun karena semuanya sudah terhapus dan sistem berubah seperti HP yang baru dibeli.

2. Ganti Password Email

Tidak hanya password layar HP, ganti juga password email kalian karena biasanya sumber penyadapan dari sini. Jangan lupa pasang alamat email cadangan yang terhubung otomatis untuk mengantisipasi penyadapan.

3. Hubungi Call Center

Cobalah untuk menghubungi call center provider dan laporkan jika HP kalian telah disadap. Nantinya, provider akan menonaktifkan sementara kartu SIM kalian, sehingga oknum penyadap tidak bisa mendapat informasi apa pun.

BACA JUGA:Kenali 7 Ciri HP Disadap oleh Aplikasi Pinjaman Online, Harap Tetap Waspada

4. Ganti Password Layar HP

Coba ubah nomor PIN atau pattern password layar HP mu. Sebaiknya, hindari nomor PIN yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran karena data pribadi mudah bocor dan diutak-atik untuk membuka password layar ponsel.

5. Aktifkan Mode Device Care

Segera aktifkan mode device care di menu Pengaturan HP untuk mengetahui apakah ada malware di ponsel aklian  atau tidak.

Itulah beberapa informasi seputar cara mengetahui HP disadap beserta tips mengatasinya yang perlu kalian ketahui dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: