6 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Solusi Bebas dari Tagihan Pinjol

6 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Solusi Bebas dari Tagihan Pinjol

cara melunasi hutang pinjol dengan tepat waktu --foto radar

Jika hutang paling banyak dan bunga yang nilainya lebih tinggi dari yang lain sudah terlunasi, maka melunasi hutang lainnya akan terasa lebih mudah. Setelah melakukan peninjauan, maka orang yang berhutang pun bisa lebih mudah melakukan tindakan yang sesuai.

4. Atur Pengeluaran Mengatur 

Atur pengeluaran menjadi salah satu cara yang efektif. Pasalnya, seseorang dapat memprioritaskan pengeluaran yang penting dan menunda pengeluaran yang tidak penting. 

Catat secara berkala setiap pengeluaran sehingga bisa dievaluasi dengan lebih mudah. Cara ini membantu membentuk kebiasaan baik sehingga dapat menabung lebih banyak dan membayar hutang lebih cepat.

5. Gunakan Tabungan 

Tabungan yang telah dihemat dari pemasukan sebelumnya dapat membantu memenuhi kebutuhan masa kini seperti membayar hutang agar permasalahan hutang selesai satu per satu. 

Gunakan sebagian tabungan untuk membantu membayar hutang. Dana tabungan yang bisa digunakan yaitu sebanyak 30% hingga 40%. Sisanya, usahakan ada pemasukan lain yang membantu.

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

6. Menjual Aset 

Kalian bisa menjual aset, Aset tersebut dapat berupa emas, berlian, tanah, dan rumah. Penjualan aset berupa emas dan berlian memakan waktu yang cukup singkat dibanding menjual tanah dan rumah. Karena itu, prioritaskan menjual emas dan berlian karena lebih cepat dan dapat dibeli kembali di kemudian hari. 

Penjualan tanah dan rumah merupakan tindakan yang memerlukan pertimbangan yang matang. Pasalnya, rumah menjadi tempat hidup keluarga dan perlu memperhatikan konsekuensinya. Jika belum memiliki rumah lain, sebaiknya usahakan menambah sumber pemasukan dan menggunakan tabungan terlebih dahulu. 

Demikian beberapa informasi terkait cara melunasi hutang pinjol tepat waktu dengan mudah. Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dengan mudah asalkan konsisten. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: