Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk--foto kompasiana.com

DISWAY JATENG - Kondisi keuangan seseorang tidak selalu dalam keadaan yang baik dan stabil. Namun, perlu ketahui juga cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk.

Karena sebagian dari mereka mengambil pinjaman ke bank atau orang lain untuk menyambung hidup agar tetap berjalan. Terkadang, orang-orang tidak sadar hutangnya sudah menumpuk dan bingung cara melunasi hutang itu. Ketahui cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk ini agar bebas dari beban tagihan. 

Apalagi memiliki hutang, selain menguras isi dompet untuk mengembalikannya, juga menguras tenaga dan pikiran. Kalian tentu tidak nyaman apabila mempunyai beban hutang, bukan? Nah, simak kiat-kiat untuk melunasi hutang yang terlanjur menumpuk agar cepat lunas.

Saat memutuskan untuk berhutang, kalian tentu sudah tidak memiliki pilihan lain agar bisa mendapatkan uang secepatnya. Hidup terus berjalan dan membutuhkan uang untuk tetap bertahan. Jika keuangan kalian mulai membaik, maka segeralah untuk melunasi hutang yang terlanjur menumpuk ini, berikut caranya yang bisa kalian simak dibawah ini.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Hindari Kejaran Debt Collector Datang ke Rumah

1. Menekan Pengeluaran yang Kurang Penting

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan mudah membeli barang hanya berdasarkan rasa ingin atau memenuhi gaya hidup. Kalian harus mulai hidup hemat, agar pengeluaran dapat ditekan dan bisa menyisihkan uang untuk melunasi kekurangan hutang.  

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Di luar pekerjaan yang saat ini kalian lakukan, kalian bisa mencari penghasilan tambahan untuk membantu melunasi hutang dengan cepat. Cara ini adalah cara bijak yang dapat dicoba ketika memiliki hutang dan gaji utama kurang cukup untuk melunasinya. 

Kalian bisa mencoba bekerja sebagai ojek online, guru les, penyedia jastip (jasa titip), freelancer, dan lain sebagainya. Poin penting dari mencari penghasilan tambahan yaitu untuk mendapatkan dana lebih banyak. Namun, pastikan itu tidak sampai mengganggu pekerjaan utama kalian. 

BACA JUGA:Cara Melunasi Hutang Pinjaman Online dengan Cepat, Lakukan 6 Langkah ini Supaya Lepas dari Jeratan Pinjol

3. Menghindari Hutang untuk Membayar Hutang

Apabila kalian mencari sumber hutang yang baru untuk menutup hutang yang lama, itu artinya sia-sia. Meskipun hutang lama bisa terlunasi, tetapi kalian akan mendapatkan beban hutang baru. Cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk dengan meminjam dana lain bukanlah hal yang efektif. Karena bisa saja malah menambah masalah baru. 

4. Mencicil Hutang Lebih dari Minimum Pembayaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: