Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk--foto kompasiana.com

Supaya hutang kalian cepat lunas, salah satu triknya yaitu dengan membayar cicilan lebih dari minimum pembayaran. Misalnya, jika kalian memiliki hutang Rp1.000.000,00 dengan jangka waktu cicilan 4 bulan. Berarti, setiap bulannya kalian harus membayar Rp250.000,00,-

Nah, saat sedang mendapatkan penghasilan tambahan dan kalian bisa membayar lebih dari nominal minimum cicilan, maka lakukan saja. Dengan begitu, cicilan kalian bisa berkurang cepat. 

5. Menjual Barang yang Tidak Terpakai atau Bekas

Cara selanjutnya yang makin dekat waktu pembayarannya adalah dengan menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai. Kalian bisa mulai memilah barang-barang di rumah yang sekiranya memiliki nilai jual. 

BACA JUGA:Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat, Data Aman dan Bebas dari Kejaran Debt Collector

Uang hasil penjualan barang yang sudah tidak terpakai itu, bisa kalian manfaatkan untuk membayar sisa hutang.  Beberapa saran barang yang sekiranya tidak terpakai dapat berupa meja, kipas angin, pakaian, tas, dan lain sebagainya. 

6. Merinci Hutang

Cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk selanjutnya adalah dengan merinci atau merekapitulasi semua hutang yang kalian miliki. Dengan begitu, kalian memiliki data terkait besaran hutang, yang meliputi sisa hutang, jangka waktu hutang, hingga suku bunga. Kalian bisa mulai menentukan prioritas hutang mana dulu yang harus dibayar. 

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi hutang yang terlanjur menumpuk terbaru 2024 yang bisa kalian coba agar cepat lunas dan tidak jadi beban yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: