Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk

Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk

Pinjaman Ditolak Ini Cara Meningkatkan Skor Kredit yang Buruk-pinterest-

1. Melunasi Tunggakan

Langkah yang pertama, kamu harus melunasi tunggakan yang ada agar skor kredit kamu mendapatkan perbaikan nilai di bulan berikutnya. Salah satu penyebab skor kredit buruk adalah tunggakan yang menumpuk, jadi lunasi semua tunggakan agar dapat meningkatkan skor kredit.

2. Membayar Cicilan Tepat Waktu

Pastikan kamu membayar cicilan dan hutang tepat waktu. Jika kamu telat bayar cicilan lebih dari 1 sampai 90 hari dari jatuh tempo, maka status skor kredit kamu dalam pengawasan khusus. Jika kamu telat bayar 3-6 bulan statusnya adalah tidak lancar. 

Jika kamu telat bayar 120-180 hari maka status kamu diragukan. Jika sampai 180 hari lebih maka status skor kredit kamu akan dianggap macet dan masuk dalam blacklist SLIK OJK.

3. Perhatikan Limit Kredit

Cara berikutnya untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan memperhatikan limit kredit tidak boleh melebihi batas tertentu. Sebaiknya kamu menggunakan pinjaman maksimal 30% dari limit kredit. Artinya, jika kamu memiliki batas kredit Rp10 juta, sebaiknya jangan gunakan lebih dari Rp3 juta.

Kamu dapat menjaga skor kredit dengan melunasi sebagian tagihan kredit sebelum tanggal jatuh tempo. 

4. Jangan Menutup Akun Kredit

Apakah kamu memiliki kartu kredit yang tidak dipakai? Sebaiknya jangan ditutup, karena semakin lama periode riwayat hutang akan mempengaruhi penilaian skor kredit. Namun, perhatikan juga bahwa jumlah kartu kredit yang dikategorikan sehat adalah maksimal 4 kartu kredit.

5. Restrukturisasi Pinjaman

Lakukan restrukturisasi pinjaman dengan pihak kreditur jika kamu menjadi korban penipuan atau mengalami musibah finansial.

BACA JUGA:Catat! Ini Waktu SLIK OJK Bersih Setelah Melunasi Semua Utang

Nah itulah faktor yang menyebabkan skor kredit kamu jadi buruk, dan cara untuk meningkatkan skor kredit jadi lebih bagus menurut chanel youtube MoneyDuck Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: