4 Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal, Dijamin Aman dari Teror Meskipun Tidak Melunasi Utang

4 Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal, Dijamin Aman dari Teror Meskipun Tidak Melunasi Utang

Tips aman galbay pinjol ilegal versi OJK--

BACA JUGA: Begini Cara Membedakan SMS Pinjol Ilegal Supaya Bebas dari Penipuan atau Teror

Tips aman galbay pinjol ilegal yakni menghapus akses perizinan mulai dari kamera, mikrofon, lokasi, dan kontak yang ada di ponsel. Dengan melakukan cara ini nasabah dapat mengatasi masalah seperti serangan teror, pelacakan lokasi, dan akses kontak di ponsel.

3. Hapus Aplikasi Pinjol Ilegal

Berikutnya jika Anda sudah menghapus semua perizinan aplikasi, maka langkah berikutnya yaitu menghapus aplikasi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan nasabah supaya terhindari dari teror Debt Collector (DC).

Selain itu, dengan hapus aplikasi nasabah juga bisa menghilangkan jejak digital dari aplikasi tersebut. Jika sudah hapus aplikasi, berikutnya Anda bisa mereset ponsel ke setelan pabrik dan jangan lupa backup data.

BACA JUGA: 7 Tips Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal, Solusi Bebas dari Utang

4. Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK

Apabila tindakan yang dilakukan oleh penagihan pinjol ilegal sudah merugikan nasabah, maka sebaiknya laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penagihan tersebut seperti spam telepon, intimidasi kepada nasabah, kekerasan, dan penyebaran data pribadi.

Untuk melaporkan kerugian tersebut, Anda bisa melaporkannya ke Email OJK [email protected], nomor WA 081-157-157-157. Pastikan laporan yang Anda buat disertai dengan bukti pendukung seperti foto, isi chat, rekaman suara, dan lainnya.

Demikian ulasan lengkap tentang tips aman galbay pinjol ilegal yang bisa Anda lakukan sesuai anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: