Begini Cara Membedakan SMS Pinjol Ilegal Supaya Bebas dari Penipuan atau Teror

Begini Cara Membedakan SMS Pinjol Ilegal Supaya Bebas dari Penipuan atau Teror

Cara membedakan SMS pinjol ilegal--

DISWAY JATENG - Maraknya penipuan dari platfrom pinjaman online ilegal penting untuk diwaspadai. Simak informasi lengkap mengenai cara membedakan SMS pinjol ilegal agar terhindar dari berbagai risiko merugikan.

Pesan WhatsApp (WA) misterius dari orang tidak dikenal yang menawarkan pinjaman online dengan bunga rendah penting untuk diwaspadai. Hal tersebut bisa saja penipuan, karena itu cara membedakan SMS pinjol ilegal penting untuk diketahui.

Cara membedakan SMS pinjol ilegal dapat menghindari Anda dari penipuan dari oknum jahat. Karena itu, dengan beberapa cara ini bisa melindungi Anda dari teror.

BACA JUGA:Segera Lindungi Data Anda, Berikut 5 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Pesan yang dikirim oleh pinjol ilegal melalui WA atau SMS sebaiknya dihindari. Meskipun menawarkan pinjaman dengan berbagai keuntungan hal tersebut hanyalah tipuan saja.

Walaupun keadaan Anda sedang membutuhkan dana darurat, pastikan Anda tidak tergiur dengan pesan tersebut. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terjebak di jeratan utang di kemudian hari.

Banyaknya kasus penipuan dari pinjol ilegal, banyak juga korban yang mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan. Karena itu, cara membedakan SMS pinjol ilegal penting diketahui oleh Anda yang ingin mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA:Jangan Panik Dulu, Berikut Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Akulaku

 

Lembaga pengawasan keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki aturan mengenai aturan penawaran pinjaman. Aturan tersebut, yakni pihak pinjol tidak boleh menawarkan pinjaman melalui SMS atau WA tanpa persetujuan konsumen.

Jadi, jika ada penawaran pinjaman melalui SMS atau WA sudah dipastikan ilegal. Selain itu, calon nasabah juga perlu lebih cermat dalam memilih pinjol yang ingin digunakan.

Apabila ingin mengajukan pinjaman, pastikan juga platfrom yang digunakan legal resmi OJK. Anda bisa mengetahui legalitas platfrom pinjol di website resmi OJK.

BACA JUGA:5 Pinjol Pasti Cair Tanpa DC Lapangan dan Penagihan hanya Lewat Telepon atau SMS

Ada beberapa ciri pinjol ilegal yang bisa kamu kenali agar terhindar dari jebakannya yang meresahkan. Berikut beberapa ciri-cirinya yang perlu diketahui:

  1. Menawarkan pinjaman lewat SMS
  2. Biaya tambahan yang ditawarkan sangat tinggi
  3. Suku bunga atau denda yang diberikan sangat tinggi bahkan diluar ketentuan OJK
  4. Meminta perizinan akses semua data di ponsel
  5. Penagihan dana yang cenderung kasar dan tidak beretika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: