7 Tips Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal, Solusi Bebas dari Utang

7 Tips Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal, Solusi Bebas dari Utang

tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal --foto harian haluan

DISWAY JATENG - Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal menjadi solusi yang tepat buat kalian lakukan, cara ini bisa kalian lakukan sebelum mengajukan bahkan jika kalian terlilit utang pinjaman online. 

Pinjol alias pinjaman online menawarkan kemudahan untuk mendapatkan dana secara cepat. Minimnya pengetahuan mengenai tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal yang menyebabkan nasabah terjebak utang. 

Dengan mengetahui tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal bisa kalian lakukan untuk menghindari berbagai risiko yang merugikan. Selain itu, kalian bisa menerapkan pengaturan uang di kehidupan sehari-hari. 

Pada artikel kali ini, Disway Jateng telah merangkum dari berbagai sumber mengenai tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal yang bisa kalian lakukan supaya aman dari risiko terjadinya galbay alias gagal bayar. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:4 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol, Cicilan Aman dan Terhindar dari Utang

 

1. Tingkatkan Literasi Keuangan

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal dengan tingkatkan literasi keuangan. Masyarakat perlu untuk mengetahui bagaimana mengelola uang dengan baik. Namun bukan hanya itu, setelah mengetahui ilmu tentang mengelola keuangan, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari juga tidak kalah penting.

Dengan literasi keuangan yang mumpuni, kita bisa lebih memahami mana kebutuhan dan keinginan sehingga mampu memilih dan memilah mana prioritas bagi diri kita sendiri.

2. Pilih Produk Investasi dan Tabungan dengan Tepat

Penting bagi kita untuk bisa melakukan investasi sejak dini, ketika ada idle cash jangan ragu untuk melakukan investasi. Selain untuk bisa mempercepat finansial freedom, investasi juga dilakukan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya, baik itu inflasi atau hal buruk lainnya yang mungkin tidak kita inginkan.

Pilih investasi yang sesuai yang memang kita ketahui ilmu dan risikonya bukan karena ikut-ikutan. Perlu diketahui bahwa investasi banyak bentuknya mulai dari emas, saham hingga reksadana, pilih yang memang cocok dengan diri kita.

3. Hindari Window Shopping

Menurut Cambridge Dictionary, window shopping merupakan kegiatan menghabiskan waktu untuk melihat-lihat produk yang dipajang pada etalase toko tanpa berniat membelinya. Saat ini window shopping tidak hanya dilakukan di mall atau tempat perbelanjaan lainnya, namun juga bisa dilakukan hanya dengan menatap layar ponsel kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: