Makanan Khas Jawa Tengah Yang Unik Dan Legendaris

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Unik Dan Legendaris

Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris -Tangkapan layar diswayjateng.id-

4. Lumpia Semarang

Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris adalah lumpia Semarang. Berbeda dengan lumpia pada umumnya, Lumpia Semarang memiliki keunikan tersendiri berkat adanya tambahan bumbu yang kaya rempah. Bumbu ini akan menjadi cocolan untuk lumpia yang memiliki rasa yang manis dan gurih.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Wisata Kuliner di Tegal yang Unik dan Dijamin Bikin Nagih

5. Tongseng

Salah satu makanan tradisional Jawa Tengah yang banyak peminatnya adalah Tongseng. Hidangan yang menggunakan bahan utama daging sapi dan kambing ini memiliki rasa yang manis, pedas, dan gurih. Tongseng akan sangat cocok dihidangkan dengan nasi panas dan kerupuk.

6. Mie Ongklok

Hidangan mie Ongklok adalah makanan khas dari daerah Wonosobo. Yang membuatnya unik adalah metode masaknya yang menggunakan campuran kubis ketika direbus. Mie ini tak lupa dihidangkan dengan kuah kanji yang kental dan daun kucai untuk membuat rasanya makin nikmat.

7. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu makanan tradisional Jawa Tengah yang umum kita jumpai di wilayah Solo Raya. Makanan ini sebenarnya mirip dengan nasi uduk. Bedanya, nasi liwet menggunakan nasi yang bercita rasa khas berkat tambahan bumbu dan rempah-rempah. 

Umumnya nasi liwet disajikan dengan tempe goreng, ayam goreng, tahu goreng, dan sayuran. Dengan menu sebesar ini, cocok rasanya jika menjadikan nasi liwet sebagai makanan sarapan.

BACA JUGA:Keunikan Jajanan Tradisional Khas Tegal yang Bisa Jadi Surganya Kuliner

8. Getuk

Getuk adalah jajanan khas Jawa Tengah yang juga terkenal. Jajanan ini terbuat dari singkong kukus yang kemudian dihaluskan. Adonan singkong ini kemudian ditambahkan dengan gula merah dan campuran parutan kelapa. Getuk merupakan oleh - oleh Khas Jawa Tengah.

Demikian ulasan makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris yang bisa anda nikmati sembari bersantai. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: