Makanan Khas Jawa Tengah Yang Unik Dan Legendaris

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Unik Dan Legendaris

Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris -Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman, mulai dari suku, budaya, hingga hidangan kuliner yang khas. Di tiap daerah, kita bisa merasakan lezatnya masakan otentik dengan cita rasa yang begitu unik. Pada kesempatan ini, kita akan mengeksplorasi makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris.

Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris dikenal karena rasa yang manis serta penggunaan bawang putih sebagai bahan bumbu utama yang paling dominan. Makanan khas ini mungkin tidak asing bagi warga asli atau masyarakat yang berasal dari provinsi tersebut. 

Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris selalu menarik bagi wisatawan atau warga pendatang yang baru mengunjungi daerah ini. Hidangan Jawa Tengah mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi di wilayah ini. 

Kira-kira makanan khas Jawa Tengah yang unik dan legendaris apa yang bisa kita temukan? Yuk simak ulasan dan baca sampai selesi ya!

BACA JUGA:Intip Keunikan Sate Klathak Pak Pong, Kuliner Legendaris Jogja yang Viral di Tiktok

Berikut ini makanan khas Jawa Tengah yang wajib kalian ketahui:

1. Sate Tegal

Sate khas Tegal dikenal dengan nama Sate Kambing Tegal. Daging yang dipilih adalah domba muda dengan tekstur daging yang kenyal. Daging ini kemudian akan dipotong besar-besar untuk disate dan disajikan dengan tambahan kecap manis, tomat, cabai rawit, dan bawang merah.

2. Tempe Mendoan

Hidangan olahan tempe ini adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang begitu populer. Bahkan karena rasanya yang nikmat, tempe mendoan ini sampai dikenal di wilayah luar Jawa. Meski dimasak menggunakan minyak dan kompor yang sama, tempe mendoan sebenarnya memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dari tempe goreng pada umumnya.

Tempe mendoan cenderung memiliki tekstur yang lembut di dalam, penggorenganya tidak sampai kering hanya setengah matang. Bentuknya pun juga cenderung pipih dan lebar. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi.

BACA JUGA:8 Kuliner Tradisional Semarang, Warisan Budaya yang Menggoda Selera

3. Wajik

Wajik adalah makanan tradisional khas Magelang yang juga dikenal oleh masyarakat umum. Teksturnya lembut dan terasa legit ketika digigit. Jajanan ini umumnya dijual sebagai jajanan pasar dengan harga yang terjangkau. Wajik menjadi salah satu makanan oleh - oleh khas Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: