Tari Pesisir Bahari dari Kota Tegal Tampil di Festival Seni Budaya Nusantara

Tari Pesisir Bahari dari Kota Tegal Tampil di Festival Seni Budaya Nusantara

TAMPIL - Kepala SD Negeri Sumurpanggang 2 Kota Tegal Saefudin tampil di Rakernas) XVII APEKSI di BSCC Dome Balikpapan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Tari Pesisir Bahari yang dibawakan oleh delegasi asal Kota Tegal Muhammad Saefudin tampil perdana di acara Festival Seni Budaya Nusantara. Yang merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan. 

Tari Pesisir Bahari yang dibawakan mengangkat tema tentang aktivitas nelayan di pesisir bahari, dengan kehidupan yang keras, menerjang ombak, menaiki kapal, mendayung, menjala ikan, semua dilakukan tanpa mengenal lelah.

BACA JUGA:Program Praktisi Mengajar Prodi Pendidikan IPA UPS Tegal Hasilkan Produk Ecoprint

Saefudin memilih Tari Pesisir Bahari karena menurutnya sesuai dengan ciri khas kota tegal yang ada di pesisir pantai Pulau Jawa dengan mata pencaharian penduduknya yang sebagian bekerja sebagai nelayan.

"Tarian dibuka dengan prolog mengenalkan Kota Tegal dilanjut dengan nasihat dalam bentuk tembang macapat pangkur yang berisi pitutur tentang keberanian dan pantang menyerah dalam berusaha," ungkap Saefudin.

BACA JUGA:PMI Kabupaten Pemalang Beri Pelatihan Pemeriksaan Skrining Antibodi Bagi Petugas Teknis UDD

Saefudin yang merupakan Kepala SD Negeri Sumurpanggang 2 Kota Tegal dan sebagai praktisi seni tembang macapat, seni tari, bersama rekan satu sanggar sebelumnya juga pernah menggarap tari perjuangan Ki Hajar Dewantara pada acara Tegal Education Fair for Education pada saat peringatan Hardiknas 2024 di Kota Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: